Mangkraknya Gedung Prototype PKM Sebelat Masih Jadi PR Pemerintah

Mangkraknya Gedung Prototype PKM Sebelat Masih Jadi PR Pemerintah

Ilustrasi Puskesmas--

RADARUTARA.ID- Sempat menelan anggaran Rp 4 miliar lebih, tapi nyatanya pembangunan gedung Prototype di lingkungan Puskesmas (PKM) Sebelat yang dilaksanakan oleh Pemkab Bengkulu Utara di TA 2023, itu tak mampu dieksekusi secara optimal.

Dipastikan, seluruh fasilitas alat kesehatan (Alkes) yang dipergunakan oleh tenaga medis di lingkungan PKM Perawatan Sebelat hari ini masih mengandalkan atau memanfaatkan fasilitas Alkes lama.

Mirisnya lagi, gedung yang semula didesain untuk ruangan ber-AC, itu sama sekali tak dilengkapi oleh fasilitas apapun dari anggaran proyek yang telah digelontorkan oleh Pemkab Bengkulu Utara di TA 2023. Bahkan, satu dari dua lantai yang dimiliki oleh gedung Puskesmas standar nasional itu ada yang belum selesai alias mangkrak.

BACA JUGA:Proyek Rp4 Miliar Gedung Prototype PKM Sebelat Ikut Diperiksa BPK, Arsi: Telusuri Adanya Bangunan Mangkrak!

Dikonfirmasi radarutara.id, Kepala Puskesmas Perawatan Sebelat, Parsaoran Nahampun, S.Kep, di TA 2024 ini pemerintah daerah mampu mengalokasikan anggarannya kembali untuk memenuhi kebutuhan fasilitas yang ada di lingkungan gedung prototype tersebut dan melanjutkan kembali bangunan yang belum tuntas.

"Untuk fasilitas yang kami butuhkan saat, ini diantaranya adalah mebeler dan AC, termasuk bor tempat tidur untuk pasien. Karena fasilitas yang kita gunakan sekarang adalah fasilitas lama. Sementara desain gedung dari gedung, ini sendiri sebenarnya untuk ruangan AC. Sedangkan AC-nya tidak ada," ungkap Kapus.

Selanjutnya, Parsaoran, juga mengharapkan, bangunan di lantai dua gedung protoype yang hari ini belum tuntas, itu juga bisa diselesaikan 100 persen.

"Lantai dua itu kita rencanakan untuk ruang administrasi. Terlepas di TA 2024, ini akan dianggarkan lagi atau tidak, yang jelas kami mengharapkan itu," demikian Kapus.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: