Sidak Pembangunan Puskesmas Prototype Seblat, Ini Temuan Febri Yurdiman

Sidak Pembangunan Puskesmas Prototype Seblat, Ini Temuan Febri Yurdiman

Sidak Pembangunan Puskesmas Prototype Seblat, Ini Temuan Febri Yurdiman--

RADARUTARA.ID - Pembangunan Puskesmas Prototype Sebelat dengan anggaran Rp4,1 miliar tampaknya bakal menimbulkan tanda tanya publik. Pasalnya, dalam sidak yang dilakukan oleh anggota DPRD Bengkulu Utara, Febri Yurdiman pada Rabu, 6 Desember 2023 lalu menemukan sejumlah fakta mengejutkan.

Pembangunan Puskesmas yang menggunakan anggaran Tahun 2023 ini hingga saat ini masih menyisakan sejumlah pekerjaan. Seperti halnya belum terpasangnya plafon di lantai 2 hingga kondisi lantai 2 yang benar-benar belum dapat difungsikan.

Menurut Febri, listrik yang belum memadai dan keberadaan lantai 2 yang tak layak pakai ini menimbulkan pertanyaan publik. Padahal, seharusnya Puskesmas ini sedianya melalui tahap Provisional Hand Over (PHO) pada bulan Desember ini.

"Ini kan sebentar lagi harus proses serah terima pekerjaan, dari kontraktor ke pemerintah. Kenapa kondisi pekerjaannya masih jauh dari harapan?" ungkapnya.

Menurut Febri, dana Rp4,1 miliar yang dianggarkan pemerintah tentu sudah sesuai dengan peruntukan pembangunan puskesmas.

Lanjut Febri, pihaknya meminta pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara segera menyikapi persoalan ini. Apalagi, keberadaan Puskesmas sebagai fasilitas penting bagi pelayanan kesehatan masyarakat.

"Jangan sampai ada potensi kerugian negara atas pembangunan puskesmas ini. Jika kita lihat secara kasat mata saja, lantai 2 benar-benar tidak layak pakai untuk sebuah fasilitas kesehatan," terangnya.

Tegas Febri, jika pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara tidak segera menyikapi hal ini, maka anggaran Rp4,1 miliar yang digunakan untuk membangun Puskesmas Prototype Seblat ini akan terkesan sia-sia.

"Kami minta pemerintah segera mengambil sikap atas temuan dan fakta-fakta di lapangan yang terlihat ini," demikian Febri. *

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: