5 Jenis Makanan Ini Wajib Dihindari Saat Sahur, Agar Puasa Kamu Tetap Lancar Sampai Akhir

5 Jenis Makanan Ini Wajib Dihindari Saat Sahur, Agar Puasa Kamu Tetap Lancar Sampai Akhir

5 Jenis Makanan Ini Wajid Dihindari Saat Sahur, Agar Puasa Kamu Tetap Lancar Sampai Akhir--

RADARUTARA.ID- Memilih makanan yang tepat saat sahur adalah kunci untuk menjaga energi dan kesehatan selama menjalani puasa. Namun, beberapa jenis makanan sebaiknya dihindari agar tidak mengganggu proses pencernaan dan kesehatan Anda selama menjalankan ibadah puasa. 

Lantas apa saja makanan tersebut? Berikut ini 5 jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat sahur:

1. Makanan Asin

Makanan yang tinggi garam seperti keripik, kacang asin, atau makanan cepat saji dapat meningkatkan risiko dehidrasi selama puasa. 

Sebab, kandungan garam dapat menyebabkan tubuh membutuhkan lebih banyak air untuk proses pencernaan. Jika itu terjadi, maka rasa haus dalam tubuh kita akan meningkat dan puasa akan terasa lebih berat.

BACA JUGA:Mana yang Baik untuk Kesehatan, Kopi Pahit atau Kopi Manis? Ini Jawabannya

2. Makanan Berlemak Tinggi

Makanan dengan kandungan  lemak tinggi seperti daging berlemak, gorengan, atau makanan olahan dapat menyebabkan rasa kenyang yang berkepanjangan dan lambat dicerna. Namun hal ini ternyata juga dapat mengganggu proses pencernaan dan membuat Anda merasa lemas selama puasa.

3. Makanan Manis Berlebihan

Konsumsi makanan manis berlebihan seperti kue, permen, atau minuman bersoda dapat menyebabkan lonjakan gula darah yang cepat diikuti oleh penurunan tajam. Ini dapat menyebabkan energi yang cepat habis dan membuat Anda merasa lelah saat menjalani puasa.

4. Makanan Pedas

Makanan pedas dapat menyebabkan iritasi lambung dan gangguan pencernaan bagi beberapa orang, terutama saat sahur. Hal ini dapat mengganggu kenyamanan selama puasa dan menyebabkan masalah pencernaan seperti mulas atau refluks asam.

BACA JUGA:Jangan Asal Makan, Berikut 4 Tanda Kurma Sudah Tak Layak Konsumsi yang Wajib Kamu Ketahui

5. Minuman Berkafein Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: