Jangan Asal Makan, Berikut 4 Tanda Kurma Sudah Tak Layak Konsumsi yang Wajib Kamu Ketahui

Jangan Asal Makan, Berikut 4 Tanda Kurma Sudah Tak Layak Konsumsi yang Wajib Kamu Ketahui

Jangan Asal Makan, Berikut 4 Tanda Kurma Sudah Tak Layak Konsumsi yang Wajib Kamu Ketahui--

RADARUTARA.ID- Kurma merupakan buah yang identik dengan bulan Ramadhan. Biasanya, Kurma akan dikonsumsi oleh umat Islam untuk berbuka puasa. Bukan tanpa alasan, Kurma dianjurkan dikonsumsi saat berbuka puasa karena buah manis itu dikemas dengan banyak nutrisi, sehingga menjadikan cemilan yang sehat untuk membatalkan puasa. 

Kendati nilai gizi kurma tinggi akan gula alami, tapi kurma dapat menjadi pengganti yang baik untuk gula rafinasi atau makanan manis berkalori rendah. Selain, itu kurma juga dikenal sebagai buah yang tidak gampang busuk dalam waktu lama. 

Meskipun begitu, seperti produk buah lainnya, kurma juga memiliki batas kedaluwarsa. 

Lalu apa saja tanda kurma sudah tak layak konsumsi?

BACA JUGA:Presiden Jokowi Resmi Terbitkan Aturan THR dan Gaji ke 13 PNS, Ini Rinciannya

Tanda Kurma Tak Layak Konsumsi

1. Kurma berubah warna atau berjamur

Salah satu tanda kurma yang sudah tak layak konsumsi yakni buah kurma berubah warna atau berjamur, dilansir dari The Kitchn.

Umumnya, permukaan kurma memiliki lapisan luar yang terlihat seperti keriput. Lapisan tersebut bukanlah jamur, melainkan kandungan gula di dalam buah yang mengkristal dan keluar karena kurma kehilangan kelembapannya. 

Kendati demikian, bila Anda memperhatikan kurma telah berjamur atau warnanya menjadi lebih gelap, baik di bagian luar maupun bagian dalam, sebaiknya buanglah kurma tersebut.

2. Baunya tidak enak

Umumnya, kurma memiliki bau manis seperti gula atau madu. Di mana, bau merupakan indikator jelas yang dapat menunjukkan apakah kurma Anda rusak atau tidak.

Buah berwarna kuning kecoklatan ini sebenarnya tidak memiliki bau yang terlalu menyengat. Namun, saat menciumnya, Anda mungkin akan merasakan aroma yang lembut dan manis. Akan tetapi, jika Anda mencium bau yang menyengat, tidak sedap, atau busuk, ini bisa menjadi tanda bahwa kurma sudah tak layak dimakan.

BACA JUGA:Terungkap! Ternyata Ini Alasan Nabi Muhammad Ketika Makan Kurma Selalu dalam Jumlah Ganjil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: