Kenali Tanda Ginjal sedang Tidak Sehat, Jika 7 Ciri-ciri Ini Kalian Alami, Maka Segera ke Dokter

Kenali Tanda Ginjal sedang Tidak Sehat, Jika 7 Ciri-ciri Ini Kalian Alami, Maka Segera ke Dokter

Kenali Tanda Ginjal sedang Tidak Sehat, Jika 7 Ciri-ciri Ini Kalian Alami, Maka Segera ke Dokter--

RADARUTARA.ID- Ginjal merupakan salah satu organ tubuh yang berperan penting dalam kelangsungan hidup manusia. Karena Ginjal memiliki fungsi utama untuk menyaring senyawa beracun dari darah. 

Mengingat pentingnya peran ginjal itu, maka sudah seharusnya Anda menjaga kesehatan ginjal dengan baik. Sebab, ginjal yang bermasalah akan menimbulkan dampak yang serius terhadap tubuh.   

Ada beberapa ciri-ciri ginjal Anda, sedang tidak sehat yang perlu dikenali. Dilansir dari detikHealth, berikut ini ciri-cirinya:

1. Sering Buang Air Kecil

Selalu merasa ingin buang air kecil, terutama di malam hari, merupakan salah satu ciri-ciri ginjal tidak sehat atau penyakit ginjal. Filter ginjal yang rusak bisa menyebabkan keinginan untuk buang air kecil lebih sering. 

Selain itu, gejala tersebut juga bisa menjadi tanda infeksi saluran kemih atau pembesaran prostat pada pria. 

BACA JUGA:Korban Tanah Longsor di Sumbar Merupakan Bidan di PKM Bukit Makmur, yang Ingin Menjenguk Ortunya Sakit

2. Kencing Darah atau Berbusa

Tak hanya keinginan buang air kecil lebih sering, kencing yang berbusa juga termasuk ciri-ciri ginjal yang tidak sehat. Adanya gelembung yang berlebihan dalam urine menandakan terdapatnya protein dalam urine. 

Selain itu, kencing yang berwarna kecoklatan atau kuning pucat juga termasuk ciri-ciri ginjal yang tidak sehat. Ginjal yang rusak dapat membuat darah bocor ke kandung kemih. Hal inilah yang membuat urine menjadi berwarna lebih kemerahan. 

3. Cepat Lelah

Penurunan fungsi ginjal dapat dapat menyebabkan penumpukan racun dan kotoran dalam darah. Hal ini bisa menyebabkan tubuh merasa lelah, lemas, dan sulit berkonsentrasi.

Sementara itu, anemia juga merupakan komplikasi lain dari penyakit ginjal. Ketika kondisi sudah parah, penderita akan merasa tidak bertenaga hingga dapat mengganggu pekerjaan yang ringan sekalipun.

BACA JUGA:Komunitas Motor Patungan Perbaiki Rumah Kakek, Sebelumnya Gubuk Reyot Kini Direnovasi Jadi Bersih & Layak Huni

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: