Kapan Puasa Awal Ramadhan 2024, Begini Penjelasan Kemenag Bengkulu Utara

Kapan Puasa Awal Ramadhan 2024, Begini Penjelasan Kemenag Bengkulu Utara

Kakan Kemenang Bengkulu Utara, Nopian Gustari--

ARGA MAKMUR, RADARUTARA.ID - Awal puasa Ramadan 1445 H atau tahun 2024 M kemungkinan tidak seragam antara pemerintah dengan Muhammadiyah.

Hal itu juga berlaku untuk di Kabupaten Bengkulu Utara. Muhammadiyah sudah menetapkan awal puasa Ramadan tahun 1445 H pada 11 Maret 2024.

Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Bengkulu Utara Jaya Rahmat menyatakan, soal awal puasa warga Muhammadiyah akan mengikuti petunjuk dari PP Muhammadiyah.

"Sesuai maklumat PP Muhammadiyah kita akan mulai berpuasa pada hari Senin Pahing tanggal 11 Maret 2024," kata Pimpinan PDM Bengkulu Utara Jaya Rahmat beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:Ikuti Keputusan PP, Muhammadiyah Bengkulu Utara Umumkan 1 Ramadan 1445 Hijriah Pada Senin 11 Maret 2024

Penetapan itu didasarkan pada hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dijadikan acuan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Sedangkan itu, pemerintah melalui Kementerian Agama akan menentukan awal puasa Ramadan melalui metode rukyatul hilal atau mengamati hilal secara langsung menggunakan teropong bulan di berbagai daerah di Indonesia. 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Utara, Nopian Gustari mengungkapkan pemerintah akan menggelar sidang isbat penentuan awal puasa Ramadan 1445 H pada Minggu, (10/3/2024). 

Hal itu dilakukan setelah mendengar laporan dari seluruh titik di Indonesia, baru kemudian Kementerian Agama Republik Indonesia akan menetapkan kapan puasa pertama tahun 2024 ini.

"Sesuai dengan jadwal yang kami terima, sidang isbat akan dilakukan pada hari Minggu, (10/3/2024). Sehingga hari minggu malam nanti sudah bisa tahu kapan pemerintah akan menetapkan hari pertama berpuasa," kata Nopian Gustari.

BACA JUGA:Viral, Warga Pergoki Buaya di Sungai PT Bio Kabupaten Bengkulu Tengah

Sejalan dengan pernyataan Menteri Agama RI Yaqut Cholil Quomas, Nopian Gustari juga mengungkapkan meskipun ada kemungkinan perbedaan penentuan awal puasa Ramadan, ia mengimbau agar seluruh umat Islam bisa menjaga kerukunan dan kebersamaan jika terjadi perbedaan.

"Diimbau kepada seluruh umat Muslim khususnya di Bengkulu Utara, untuk tetap menjaga ukhuwah Islamiyah dan toleransi dalam menyikapi potensi perbedaan penentuan awal puasa Ramadan tahun 1445 H ini," tambah Nopian.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: