Pemprov Bengkulu Kembali Buka Program Kuliah Gratis untuk Para Kades dan Perangkat Desa

Pemprov Bengkulu Kembali Buka Program Kuliah Gratis untuk Para Kades dan Perangkat Desa

Gubernur Bengkulu, Drh H Rohidin Mersyah, MMA--

RADARUTARA.ID - Pada tahun 2024 ini pemerintah Provinsi Bengkulu kembali membuka program kuliah gratis untuk para kepala Desa (Kades) beserta perangkat Desa. Nantinya para Kades yang beruntung dan memiliki spesifikasi yang sesuai bisa melanjutkan pendidikan dengan jenjang Srata 1.

Program kuliah gratis ini sendiri untuk mendukung percepatan pembangunan desa dengan peningkatan Kapasitas SMD khususnya bagi kades dan perangkat desa.

Gubernur Bengkulu Rohidin Merysyah menyampaikan bahwa , program kuliah gratis ini bakal sama dengan tahun 2023 lalu.

"Bukan hanya kades namun perangkat desa dalam bentuk  RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau),” ungkap Gubernur Bengkulu.

BACA JUGA:Berikut ini Jenis-jenis Bansos Pemerintah yang Cair Diawal Tahun 2024, Serta Simak Cara Cek yang Menerima

Dijelaskan lebih jauh oleh Gubernur,  program beasiswa atau kuliah gratis ini adalah bentuk tidak lanjut dari program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) Desa

"Untuk provinsi Bengkulu sendiri program ini akan dibiayai oleh APBD provinsi Bengkulu dan bekerja sama dengan  Universitas Terbuka (UT),” jelas Gubernur Rohidin. 

Gubernur juga menyampaikan, alasan utama memilih Universitas Terbuka sebagai tempat kuliah lantaran proses perkuliahan yang bisa dilakukan jarak jauh sehingga mahasiswa tidak perlu meninggalkan tugasnya sebagai Kepala Desa dan Perangkat Desa.

Untuk diketahui pada tahun 2023 lalu, sebanyak 92 Kades dan Perangkat desa yang tersebar di 9 Kabupaten se-Provinsi Bengkulu mengikuti program RPL dengan alokasi pendanaan mencapai 280 juta rupiah dari APBD Provinsi Bengkulu tahun 2023. 

Syarat mendapatkan kuliah gratis ini, calon peserta harus melewati tahapan seleksi di tingkat kabupaten melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) masing-masing. Selanjutnya, nama-nama akan diajukan ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Bengkulu.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: