Desa Diminta Segera Salurkan Program BLT-DD yang Sudah Terlambat 3 Bulan

Desa Diminta Segera Salurkan Program BLT-DD yang Sudah Terlambat 3 Bulan

Program BLT DD--

RADARUTARA.ID- Camat Putri Hijau, Ahmadi, mengakui, kendati belum seluruh desa di wilayah kerjanya menerima dana transfer dana desa (DD) tahap I TA 2024.

Namun, Camat, memastikan beberapa desa terpantau sudah menerima dan bisa melakukan pencairan terhadap anggaran DD-nya di tahap I. Camat berharap, bagi desa yang sudah menerima transfer DD agar segera melakukan pencairan dan merealisasikan program kerjanya, terkhusus penyaluran program BLT-DD.

"Bagi desa yang sudah menerima DD tahap I tolong segera realisasikan program BLT-DD kepada KPM yang layak menerimanya, tidak usah ditunda-tunda," pungkas Camat.

Diakui Camat, hingga saat, ini tercatat ada jatah 3 bulan BLT-DD untuk masyarakat yang belum tersalurkan akibat keterlambatan anggaran yang diterima desa dari pemerintah pusat.

"Jika uangnya sudah ada, langsung realisasikan tiga bulan sekaligus. Yakni jatah untuk bulan Januari, Februari dan Maret Tahun 2024," imbuhnya.

BACA JUGA:Cek Sekarang! Bansos BPNT Februari dan Maret 2024 Sudah Cair, Sebanyak 32 Ribu KPM Terima Rp400 Ribu

BACA JUGA:Tips Membuat Kopi Hitam yang Nikmat dan Sehat untuk Dikonsumi Harian

Selain penyaluran BLT-DD, lanjut Camat, DD yang sudah diterima oleh desa juga bisa direalisasikan untuk melaksanakan kegiatan pemberdayaan.

"Seperti pembayaran honor pemberdayaan juga bisa direalisasikan lebih awal oleh desa melalui pencairan DD tahap I saat ini," pungkasnya.

Lebih jauh, Camat, menambahkan, khusus untuk dana transfer ADD memang sampai hari, ini masih berproses di tingkat daerah alias belum ada kabar tentang kapan akan dicairkan. Kendati demikian, Camat, optimis, dalam waktu yang tidak lama lagi, ADD di semua desa juga akan segera ditransfer ke masing-masing desa.

"Untuk ADD sabar dulu, yang jelas semuanya sedang diproses oleh pemerintah daerah. Insya Allah dalam waktu yang tidak terlalu lama, ADD juga akan segera ditransfer ke desa untuk mencukupi kebutuhan operasional hingga honor Parades," demikian Camat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: