Pengajuan Ditolak, Begini Cara Cerdas Menghapus Data Pribadi dari Pinjol yang Belum Lunas

Pengajuan Ditolak, Begini Cara Cerdas Menghapus Data Pribadi dari Pinjol yang Belum Lunas

Pengajuan Ditolak, Begini Cara Cerdas Menghapus Data Pribadi dari Pinjol yang Belum Lunas--

RADARUTARA.ID - Semakin banyak orang yang mengalami masalah keuangan akibat inflasi dan harga bahan pokok naik, dan mencari solusi cepat dengan mengajukan pinjaman online (pinjol). 

Namun, banyak yang tidak menyadari bahwa pinjol memiliki bunga yang sangat tinggi, syarat dan ketentuan yang rumit, dan cara penagihan yang agresif. 

Akibatnya, banyak yang terjebak dalam utang yang semakin membengkak dan sulit dilunasi. Salah satu dampak buruk dari pinjol adalah penyalahgunaan data pribadi yang diberikan oleh peminjam. 

Data seperti nomor KTP, NPWP, rekening bank, kontak darurat, dan lain-lain bisa disebarkan oleh pihak pinjol kepada pihak ketiga yang tidak bertanggung jawab, seperti debt collector, penipu, atau penjahat. Data ini bisa digunakan untuk menekan, mengancam, atau merugikan peminjam atau orang-orang terdekatnya.

BACA JUGA:HP Android Tecno Camon 30 Premier Diluncurkan, Tawarkan Teknologi Kamera PolarAce

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut ada empat langkah cerdas untuk menghapus data Pinjol :

1. Hubungi customer service pinjol. 

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah menghubungi customer service pinjol melalui nomor telepon, email, atau media sosial yang tersedia. 

Mintalah agar data pribadi Anda dihapus dari sistem pinjol, dan minta bukti penghapusan data tersebut. Jika customer service tidak merespons atau menolak permintaan Anda, lanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Hapus aplikasi pinjol. 

Langkah kedua adalah menghapus aplikasi pinjol dari ponsel Anda. Sebelum menghapus, pastikan Anda sudah logout dari akun Anda dan menghapus cache dan data aplikasi. 

Jika Anda memiliki lebih dari satu aplikasi pinjol, hapus semuanya. Ini bertujuan untuk mencegah pinjol mengakses data ponsel Anda, seperti lokasi, kontak, galeri, dan lain-lain.

BACA JUGA:5 HP Gaming Murah dengan Spesifikasi Tinggi, Cocok untuk Para Gamer

3. Ganti nomor telepon. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: