Makanan Tradisional Terbaik di Bengkulu, Begini Cara Membuat Seruit

Makanan Tradisional Terbaik di Bengkulu, Begini Cara Membuat Seruit

Makanan Tradisional Terbaik di Bengkulu, Begini Cara Membuat Seruit --

RADARUTARA.ID- Ada makanan tradisional khas Bengkulu yang bernama Seruit. Seruit berbahan dasar dari campuran daging sapi atau ikan, sayuran serta kuah santan yang kental. Dengan adanya santan tersebut akan menghasilkan kuah yang sangat gurih dan enak.

Bukan hanya gurih, makanan dari Bengkulu ini mempunyai cita rasa yang asam dan pedas. Umumnya seruit disuguhkan dengan bahan pendamping bersama nasi putih hangat.

Penasaran bagaimana Proses Pembuatan Seruit? Simak selengkapnya dibawah ini:

BACA JUGA:Dikandang Banteng, Ganjar-Mahfud Jeblok, Suara Caleg Kuasai Kursi di DPRD Bengkulu Utara, Benarkah Anomali?

Seruit berbahan dasar dari ikan laut yang sudah menjalani proses pengasapan sebelum diolah lebih lanjut. Dengan pengasapan ini, akan memberikan karakteristik unik pada ikan, meningkatkan rasa gurih serta daya tahan ikan, sehingga Seruit dapat disimpan dalam jangka waktu tertentu.

Ikan yang kerap digunakan dalam pembuatan Seruit yakni ikan layang atau ikan bilis, yang dipilih lantaran memiliki tekstur dan rasa yang berbeda.

Sesudah melalui proses pengasapan, ikan akan diolah dengan bumbu-bumbu khas Bengkulu yang menjadi ciri khas dari cita rasa Seruit.

BACA JUGA:Heboh! Sungai di Maluku Ini Tampak Jernih dan Pasangi Keramik Bak Kolam Renang

Bumbu utama yang dipakai yakni kunyit, asam, serta bermacam rempah-rempah pilihan. Kunyit akan memberikan warna kuning khas pada hidangan ini dan aroma harum yang menyegarkan. Asam, yang kerap berasal dari asam jawa maupin asam kandis, memberikan rasa asam segar yang mampu menggugah selera.

Bukan hanya kunyit dan asam, ada banyak rempah-rempah lain seperti lada, ketumbar, dan bawang putih juga ditambahkan sebagai memperkaya rasa dan aroma Seruit.

Campuran bumbu-bumbu ini yang akan memberikan cita rasa unik dan khas dalam hidangan ini, menjadikannya sangat istimewa dan terasa sangat otentik bagi orang yang mencicipinya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: