6 Fakta Rumah Fatmawati di Bengkulu, Tempat Dijahitnya Sang Saka Merah Putih

6 Fakta Rumah Fatmawati di Bengkulu, Tempat Dijahitnya Sang Saka Merah Putih

6 Fakta Rumah Fatmawati di Bengkulu, Tempat Dijahitnya Sang Saka Merah Putih--

RADARUTARA.ID- Provinsi Bengkulu, selain memiliki banyak peninggalan sejarah masa kolonial Inggris, ternyata juga banyak peninggalan Soekarno, merupakan Presiden pertama Republik Indonesia, semasa beliau diasingkan di Provinsi ini.

Tentu saja yang menarik perhatian yakni Rumah Ibu Fatmawati Soekarno yang terletak di jantung Kota Bengkulu. Rumah ini peninggalan istri ketiga dari Soekarno. Rumah Fatmawati ini sangat artistik sebab sarat dengan kayu sebagai kontruksi rumahnya. Rumah panggung khas Sumatera ini sangat nyaman dan asri.

Di dalamnya menyimpan banyak kisah sejarah yang wajib kamu ketahui. Selain, Fatmawati merupakan seorang ibu negara, dia juga merupakan orang yanh menjahit kali pertama bendera sang saka merah putih yang dikibarkan pada 17 Agustus 1945 silam.

BACA JUGA:Jelang Ramadhan, Petani Ungkap Harga Jual Cabe Turun Rp10 ribu

Berikut beberapa fakta rumah Fatmawati di Bengkulu.

1. Rumah panggung dengan rangkaian tangga dan lantai serta dinding kayu nan unik, cantik, tampak asri.

Ketika memarkirkan kendaraan di pinggir Jalan Fatmawati, Bengkulu, kamu akan disuguhkan rumah panggung unik dan artistik, dengan titian anak tangga yang sangat cantik serta halaman nan asri. Rumah Fatmawati yang didirikan pada tahun 1920 ini hampir seluruh dibangun menggunakan bahan kayu yang sangat kokoh.

2. Saat masuk ke ruang tamu, terpampang foto Fatmawati yang sangat cantik. Kamu akan tertegun sejenak memandang kecantikan Fatmawati semasa mudanya.

3. Masuk ke dalam ruang lainnya, ada mesin jahit kuno yang digunakan untuk menjahit bendera merah putih kali pertama untuk dikibarkan pada 17 Agustus 1945 silam.

BACA JUGA:Apa Benar, Pakai Topi Terbalik Bisa Menyelamatkan Seseorang dari Serangan Harimau? Begini Kata Pakar

Mesin ini dioperasikan menggunakan tangan dengan tuas engkol yang unik. Mesin ini digunakan oleh Fatmawati untuk menjahit bendera merah putih kali pertama kali akan dikibarkan pada 17 Agustus 1945.

4. Di ruang tamu sebelah kiri ada lukisan Soekarno yang kharismatik dan pajangan foto bersejarah.

Bahkan, ada pula ornamen cantik sebagai penghias ruangan ini, kamu akan terbawa ke masa lalu kalau berada di sini.

5. Di ruang tamu sebelah kanan ada kursi tamu dan pajangan bersejarah, serta lukisan  Fatmawati Soekarno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: