Mencicipi Palai Badar, Pepes Teri Khas Bengkulu yang Gurih dan Harum

Mencicipi Palai Badar, Pepes Teri Khas Bengkulu yang Gurih dan Harum

Mencicipi Palai Badar, Pepes Teri Khas Bengkulu yang Gurih dan Harum--

RADARUTARA.ID - Sama-sama dimasak dengan menggunakan balutan daun pisang, Bengkulu juga memiliki sajian pepes ikan yang enak. Bumbunya komplit hingga meresap ke dalam pepesan.

Pepes adalah teknik memasak yang sangat sering ditemui di semua daerah di Tanah Air. Namun, pepes yang sangat terkenal yakni pepes dari Sunda. Di daerah ini, pepes dihidangkan dengan perpaduan ikan asin, teri, tahu, ayam dan jamur.

Pepes ikan dari Sunda umumnya menggunakan ikan mas. Banyak yang meracik pepes ikan dengan versi duri yang sudah lunak. Bumbu yang dipakai untuk pepes khas Sunda yaitu jahe, kunyit, kemiri, bawang putih, bawang merah, gula pasir, garam hingga asam Jawa. Ada pula bumbu lain seperti serai dan juga daun salam.

BACA JUGA:Waspadai 5 Gejala Asam Lambung Ringan, Jangan Disepelekan Segera Obati

BACA JUGA:Selain Enak, 6 Makanan Ini Bikin Wajah Tampak Awet Muda, Apa Saja?

Sementara pepes Bengkulu yang dikenal dengan nama Palai Bada ini juga tak kalah lezatnya. Palai Bada adalah pepes ikan teri basah atau teri segar yang dicampur dengan parutan kelapa. Bahkan, ada pula bumbu pelengkapnya seperti daun kunyit, cabai, daun serai, lengkuas serta asam.

Teri basah yang telah dicampur dengan bumbu, dibungkus menggunakan daun pisang. Lalu dibakar di atas arang sabut kelapa. Pembakaran ini dilakukan sampai bungkus daun pisangnya hangus tetapi bagian dalamnya tetap terjaga. Ini bisa menghasilkan aroma yang menggugah selera.

Palai Bada ini paling enak dinikmati bersama nasi putih yang hangat. Dapat juga dipadu dengan daun singkong rebus ditambah sambal lado mudo. Dijamin sedap dan maknyus.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: