Antara Haji dan Umroh, Mana yang Harus Didahulukan? Berikut 7 Perbedaan dan Penjelasannya

Antara Haji dan Umroh, Mana yang Harus Didahulukan? Berikut 7 Perbedaan dan Penjelasannya

Antara Haji dan Umroh, Mana yang Harus Didahulukan? Berikut 7 Perbedaan dan Penjelasannya--

Ibadah haji sudah ditentukan waktunya, yaitu antara 1 Syawal hingga 13 Dzulhijjah. Namun karena wukuf sudah ditentukan waktunya pada 9 Dzulhijjah, ibadah haji biasanya dilaksanakan mendekati Dzulhijjah.

Sementara umroh bisa dilakukan kapan saja kecuali 10 Dzulhijjah dan hari Tasyrik pada tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah. Umroh juga bisa dilakukan pada saat berhaji.

6. Tempat

Ibadah haji tidak hanya dilakukan di Mekah, tetapi juga tempat lain, seperti wukuf di Arafah, melempar jumrah di Mina, dan menginap di Muzdalifah. Sedangkan umroh hanya dilaksanakan di Mekah dan ziarah ke Madinah.

7. Durasi Pelaksanaan

Terakhir, perbedaan haji dan umroh adalah durasi pelaksanaannya. Pelaksanaan ibadah haji membutuhkan waktu lebih lama, biasanya selama 4 hingga 5 hari. Sementara ritual dalam ibadah umroh bisa selesai dalam 2-3 jam.

BACA JUGA:Alasan Wanita Bugis yang Bikin Lelaki Nggak Bisa Berpaling, Tangguh dan Bikin Hati Adem

Lalu mana sebenarnya yang harus lebih Didahulukan, Haji atau Umroh?

Sepele, tapi sering menjadi pertanyaan. Mana sih yang harus didahulukan antara haji dengan umroh? Apakah boleh, berangkat umroh dahulu baru kemudian pergi haji?

Dilansir dari situs Majelis Ulama Indonesia (MUI), umat Islam diperbolehkan umroh terlebih dahulu baru kemudian berhaji. Dengan demikian, bagi orang yang sudah rindu untuk ke Tanah Suci bisa berangkat umroh, selanjutnya baru kemudian naik haji. 

Hal serupa pernah ditanyakan sahabat Rasulullah SAW bernama Ikrimah bin Khalid kepada sahabat Nabi yang lain, yaitu Ibnu Umar.

أَنَّ عِكْرِمَةَ بْنَ خَالِدٍ سَأَلَ ابْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا عَنِ الْعُمْرَةِ قَبْلَ الْحَجِّ، فَقَالَ : لَا بَأْسَ. قَالَ عِكْرِمَةُ : قَالَ ابْنُ عُمَرَ : اعْتَمَرَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَبْلَ أَنْ يَحُجَّ

Bahwa Ikrimah bin Khalid bertanya kepada Ibnu Umar RA tentang melaksanakan umroh sebelum haji. Maka Ibnu Umar menjawab, "Tidaklah mengapa." Ikrimah berkata, berkata Ibnu Umar RA, "Nabi Muhammad melaksanakan umroh sebelum haji." (HR Bukhari no 1651)

BACA JUGA:Pesonanya Nggak Kaleng-kaleng, 4 Zodiak Ini Dinobatkan Sebagai Penghasil Wanita Cantik dan Paling Berpengaruh

Namun yang perlu diperhatikan bahwa umroh tidak menggugurkan kewajiban berhaji. Seseorang tidak boleh meremehkan ibadah haji karena sudah pernah umroh.

Pengasuh Pesantren Asrama Pelajar Islam (API) Tegalrejo Magelang Jawa tengah KH Yusuf Chudlori (Gus Yusuf) yang dilansir dari NU Online, mengatakan sebaiknya umat Islam tetap mendahulukan untuk mendaftar haji terlebih dahulu, karena hukumnya wajib.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: