Barong Ket Merupakan Simbol Kemenangan dan Kebaikan Bagi Orang Bali

Barong Ket Merupakan Simbol Kemenangan dan Kebaikan Bagi Orang Bali

Barong Ket Merupakan Simbol Kemenangan dan Kebaikan Bagi Orang Bali--

RADARUTARA.ID- Brong Ket merupakan barong yang sangat populer di Bali. barong Ket di anggap sebagai simbol kemenangan dan kebaikan dharma. 

Bagi warga Bali, barong juga dianggap sebagai manifestasi dari banaspati raja atau raja hutan.  Sebab, figur barong mirip seekor singa yang merupakan raja hutan yang paling dahsyat. Konsep yang sama juga terdapat di India, Cina dan Indonesia.

Nah, untuk di wilayah pulau Jawa, figur barong ket disebut Barong dan Reog Ponorogo. Namun jika diteliti secara mendalam mengenai ikonografinya, ternyata memang bentuk dasar dari topeng kala itu ialah muka singa.

Di wilayah Bali, barong Ket di anggap sebagai simbol kebaikan, dalam pementasan tari barong di Bali. Figur barong ket dijadikan sebagai simbul kemenangan dan Rangda sebagai pihak yang kalah.

BACA JUGA:Mau Dapatkan Cuan Melimpah, Lakukan 2 Investasi yang Ada di Brimo Ini

Namun di luar konteks seni pergelaran, kedua figur itu duduk sejajar sebagai pelindung masyarakat.

Bentuk barong ket ini disebutkan merupakan perpaduan antara singa, macan, sapi atau boma. Badannya dihiasi dengan ukiran-ukiran dibuat dari kulit, ditempel kaca cermin yang berkilauan dan bulunya dibuat dari perasok serat yang berasal dari daun sejenis tanaman mirip pandan ijuk atau ada bisa juga dari bulu burung gagak.

Kemudian janggutnya biasanya terbuat dari rambut manusia. Selain itu, gigi juga runcing runcing memiliki kumis dan berbulu lebat.

Hal ini diasosiasikan dari kombinasi antara macan, singa ataupun sapi. Barong ket bermakna sebagai simbol kebaikan.

BACA JUGA:3 Tim Asesmen dan Psikolog Yayasan Sentra Dharma Guna Bengkulu Door to Door Datangi Rumah Korban Pencabulan

Makna dari keberadaan barong ket ini diambil dari keberadaan dua sifat yang bertolak belakang yang berada pada setiap makhluk. Dua sifat ini sering kita sebut sebagai roamineda.

Sehingga dari keberadaan barong ket inilah bisa digambarkan tentang dualisme tersebut, yang di mana kebajikan dharma barong akan selalu menang di dunia ini dan mengalahkan kejahatan.

Barong ket dianggap sebagai simbol kebaikan. Dalam setiap pementasan tari barong di Bali.

Figur barong Ket dijadikan sebagai simbol kemenangan dan rangda dijadikan sebagai simbol kekalahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: