Aktivitas 3 Perusahaan Tambang di Ulok Kupai Sempat Dihentikan Warga, Kapolsek: Sudah Kita Fasilitasi

Aktivitas 3 Perusahaan Tambang di Ulok Kupai Sempat Dihentikan Warga, Kapolsek: Sudah Kita Fasilitasi

Mediasi warga Pondok Bakil dan pihak Pertambangan bersama Polsek setempat--

RADARUTARA.ID- Aktivitas 3 perusahaan pertambangan di wilayah Kecamatan Ulok Kupai yakni PT SJP, PT AK dan PT Injatama sempat dihentikan oleh sejumlah warga di Desa Pondok Bakil, Kecamatan Ulok Kupai pada Rabu (24/1), kemarin.

Aksi penghentian aktivitas 3 perusahaan tambang batu bara, ini dipicu oleh beberapa tuntutan warga di Desa Pondok Bakil yang meminta kepada pihak perusahaan untuk membersihkan tanah yang sempat menimbun dan menutup akses jalan kebun plasma milik masyarakat.

"Persoalan kedua belah pihak sudah kita fasilitasi. Artinya apa yang menjadi tuntutan warga telah kita sampaikan ke perusahaan dan sebaliknya, apa yang menjadi tugas perusahaan juga sudah kita sampaikan," ungkap Kapolsek Napal Putih, Iptu Sugeng Prayitno, SH.

BACA JUGA:Polsek Ketahun Ambil Tindakan Bagi Pengguna Knalpot Brong, Puluhan Pemuda hingga Pelajar Dibina

Dijelaskan Kapolsek, atas upaya cooling sistem yang dilakukan oleh pihaknya tersebut. Maka aktivitas 3 perusahaan pertambangan yang sempat terhenti beberapa saat, itu sudah kembali beroperasi dan apa yang menjadi tuntutan warga sudah dikerjakan oleh perusahaan. 

"Kegiatan pertambangan sudah kembali bekerja. Dan apa yang menjadi tuntutan warga sudah dilaksanakan oleh perusahaan. Situasi terpantau aman dan kondusif," tandasnya.

Lebih jauh Kapolsek, berharap, selama tahapan Pemilu 2024 berlangsung. Masyarakat diharapkan tidak terpecah belah dan bisa menjaga persatuan dengan tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa menganggu situasi Kamtibmas. 

"Kami berharap seluruh persoalan yang timbul dapat diselesaikan dengan musyawarah. Dan kami berharap masyarakat dapat bekerjasama dalam suatu cooling sistem untuk mengantisipasi perpecahan dan potensi konflik di tengah masyarakat demi persatuan sehingga terwujud Pemilu yang damai," demikian Kapolsek.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: