Sering Diabaikan, Ini 6 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Adzan Berkumandang

Sering Diabaikan, Ini 6 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Adzan Berkumandang

Sering Diabaikan, Ini 6 Hal yang Harus Dilakukan Ketika Adzan Berkumandang--

RADARUTARA.ID - Kata "adzan" sendiri asalnya dari bahasa Arab yang artinya pengumuman atau pemberitahuan. Kata adzan ini diucapkan sebanyak 53 kali dalam Al Quran dan dimaknai sebagai pemberitahuan ataupun permohonan.

Arti adzan salah satunya tercantum dalam Al Quran Surat At-Taubah ayat 3 yang Artinya: Dan ini (adzan) merupakan seruan dari Allah dan Rasul-Nya kepada umat manusia.

Adzan merupakan panggilan bagi umat Muslim untuk segera menunaikan ibadah salat lima waktu. Ini bukan cuma sekedar pemberitahuan waktu saja, namun juga panggilan untuk memperkokoh hubungan dengan Allah SWT serta memenuhi kewajiban agama.

BACA JUGA:Kisah Tragis Roro Jonggrang di Balik Megahnya Candi Prambanan

Ketika adzan berkumandang, umat islam disarankan untuk melakukan beberapa hal diantaranya:

1. Mendengarkan dengan Khusyuk

Diutamakan dalam mendengarkan adzan dengan penuh perhatian serta khusyuk. Adzan merupakan panggilan untuk salat, serta mendengarkannya dengan penuh kesadaran merupakan suatu kebaikan.

2. Mengulangi Lafaz-lafaz Adzan

Ada beberapa umat Muslim yang mengulangi lafaz-lafaz adzan sesudah muadzin (orang yang mengumandangkan adzan). Ini bisa dilakukan secara perlahan mengikuti langkah-langkah muadzin ataupun secara bersamaan.

3. Merupakan Waktu untuk Berzikir

Ketika adzan berkumandang, Beberapa umat islam menggunakannya sebagai waktu untuk berzikir ataupun berdoa. Mereka dapat menggunakan waktu ini untuk memperbanyak dzikir, memohon ampunan, serta berdoa.

BACA JUGA:Viral Hantu Kuyang Terbang Depan Rumah di Cileungsi Bogor, Penghuni Rumah Histeris Ketakutan, Ini Faktanya

4. Menghentikan Kegiatan Dunia

Untuk yang tengah melakukan aktivitas dunia yang tidak mendesak, dianjurkan untuk menghentikannya sebentar atau memperlambatkannya. Ini merupakan waktu yang baik untuk merelakan sebentar kesibukan dunia untuk memperhatikan panggilan demi mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: