12 Manfaat Konsumsi Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan Tubuh, Obati Asma hingga Diabetes

12 Manfaat Konsumsi Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan Tubuh, Obati Asma hingga Diabetes

12 Manfaat Konsumsi Bawang Putih Tunggal untuk Kesehatan Tubuh, Obati Asma hingga Diabetes --

Bawang putih lanang memiliki sifat hipoglikemik yaitu bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Cara mengobati diabetes dengan bawang putih lanang adalah dengan menggepreknya terlebih dahulu, lalu dikunyah. Selain itu, kita juga bisa mencampurnya dengan madu sebagai penambah rasa namun pastikan agar madu tersebut adalah madu asli rendah gula.

5. Mengobati Asma

Memiliki sifat antiperadangan, bawang putih tunggal juga mampu mengobati penyakit asma. Asma sendiri termasuk dalam jenis penyakit radang. Cara menggunakannya adalah dengan menghaluskan bawang putih tunggal kemudian campur dengan madu lalu minum.

6. Membantu Mengobati Flu

Manfaat bawang putih tunggal lainnya adalah untuk mengobati flu. Bumbu dapur ini kaya akan kandungan yang dapat memperbaiki sistem imun. Kandungan tersebut adalah vitamin C, selenium dan sulfut. Senyawa tersebut sangat berkhasiat untuk mengatasi penyakit flu. Anda bisa mencincang bawang putih sampai halus kemudian masukkan dalam satu gelas air, aduk merata lalu minum untuk mengobati penyakit flu Anda.

BACA JUGA:10 Brand Mobil Terfavorit di Indonesia Saat Ini, Penjualannya Sentuh Angka Ratusan Ribu Unit

7. Menurunkan Kadar Kolesterol

Bawang putih dikenal efektif untuk menurunkan tingkat kolesterol dari 500-100 miligram kolesterol. Sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa bawang putih mampu meningkatkan kadar kolesterol yang baik pada tubuh. Cara mengonsumsinya adalah dengan merebus bawang putih dengan air atau dihaluskan.

8. Membantu Menurunkan Berat Badan

Zat yang terdapat dalam bawang putih membuat tubuh yang sedang aktif berolahraga memakai lemak cadangan yang tersimpan di otot lebih banyak dari biasanya. Sehingga gabungan antara aktivitas fisik dan kandungan bawang putih mampu menurunkan berat badan lebih maksimal. Selain itu, bawang ini juga bisa memperkecil munculnya lemak baru.

9. Baik untuk Kesehatan Jantung

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa bawang putih tunggal memiliki kandungan yang bermanfaat bagi jantung. Bawang ini mampu mengontol tekanan darah dan kolesterol. Selain itu, dapat mengurangi risiko aterosklerosis yaitu gangguan yang terjadi pada jantung.

BACA JUGA:Bukan Avanza Xenia, Mobil Terlaris di Akhir Tahun 2023 Dipegang Oleh Toyota Innova

10. Mengatasi Ambeien

Kandungan allicin yang tinggi dalam bawang putih tunggal berfungsi sebagai antioksidan dan antibakteri. Cara menggunakan bawang putih tunggal sebagai obat ambeien adalah dengan menghaluskannya terlebih dahulu kemudian dioleskan pada sekitar anus atau daerah yang sakit. Selain dioleskan, bawang putih tunggal juga bisa dikonsumsi dengan cara dijadikan jus sayuran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: