Bagaimanakah Karakterisktik Rumah yang Selalu Dilimpahkan Berkah dan Nikmat? Begini Kata Para Ulama

Bagaimanakah Karakterisktik Rumah yang Selalu Dilimpahkan Berkah dan Nikmat? Begini Kata Para Ulama

Bagaimanakah Karakterisktik Rumah Yang Selalu Dilimpahkan Berkah dan Nikmat? Begini Kata Para Ulama--

RADARUTARA.ID - Rumah merupakan bentuk hunian dan tempat berlindung bagi keluarga, di dalamnya tercipta kebahagiaan senda gurau serta rasa saling menyayangi. Di dalam Rumah pula menjadi tempat perlindungan dari teriknya matahari, basahnya hujan, serta dinginnya angin. Di dalam Alquran juga Allah SWT berfirman dalam surah an-nahl ayat 80:

وَاللّٰهُ جَعَلَ لَكُمْ مِّنْۢ بُيُوْتِكُمْ سَكَنًا

Artinya: Dan Allah SWT menjadikan rumah-rumah bagimu sebagai tempat tinggal.

Rumah bukan hanya sekedar tempat berlindung saja namun rumah haruslah bisa menghadirkan ketenangan, kesenangan, serta keberkahan di dalamnya ada. Dalam buku mengundang malaikat ke dalam rumah yang ditulis oleh Mahmud asy-Syafrowi, rumah yang berkah alat ukurnya sederhana yaitu membuat penghuninya betah lama-lama berdiam diri di dalamnya.

BACA JUGA:6 Tokoh Pewayangan Jawa Ini Tak Menikah Seumur Hidupnya

Lalu apa sajakah ciri-ciri rumah yang memiliki keberkahan di dalamnya, berikut pembahasan selengkapnya yang dikutip dari pendapat para ulama : 

1. Rumah yang Diterangi Cahaya Islam

Islam merupakan agama yang suci, yang mampu memberikan kesucian kepada kita. Begitu pula dengan rumah yang menghadirkan nilai-nilai keislaman di dalamnya. Sebesar apapun rumah apabila penghuninya tidak menghadirkan cahaya Islam di dalamnya, maka rumah tersebut terasa sempit, begitupun sebaliknya. Rasulullah SAW menyebutkan ada tiga tanda seseorang yang mendapatkan cahaya Islam diantaranya:

- Kembali ke negeri kekekalan (akhirat).

- Menjauh dari negeri tipuan (dunia).

- Bersiap-siap untuk kematian sebelum bertemu dengan-Nya.

- Apabila rumah tersebut memiliki cahaya keislaman maka siapapun yang ada di dalamnya ikut terpengaruh kepada jalan kebaikan, Namun apabila rumah tersebut kosong dari cahaya keislaman maka penghuninya akan ditimpa kesengsaraan.

BACA JUGA:Tak Hanya Nikmat, Ternyata Daun Kemangi Sangat Bagus untuk Kesehatan Juga Kecantikan

2. Keadaan Rumah yang Memberikan Suasana Sejuk dan Ketenangan

Menjadikan rumah sebagai sumber ketentraman dan ketenangan jiwa, tidak ada tempat manapun yang mampu memberikan ketenangan dan ketentraman jiwa bagi mereka yang senantiasa memiliki cahaya keislaman di rumahnya. Rumahnya memberikan suasana sejuk tenang serta nyaman dan tidak menimbulkan huru-hara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: