Bagaimanakah Karakterisktik Rumah yang Selalu Dilimpahkan Berkah dan Nikmat? Begini Kata Para Ulama

Bagaimanakah Karakterisktik Rumah yang Selalu Dilimpahkan Berkah dan Nikmat? Begini Kata Para Ulama

Bagaimanakah Karakterisktik Rumah Yang Selalu Dilimpahkan Berkah dan Nikmat? Begini Kata Para Ulama--

3. Rumah yang Penghuninya Diliputi Kesyukuran

Allah SWT telah berjanji akan menambah nikmat bagi hambanya yang pandai bersyukur, begitupun rumah yang memiliki penghuni yang senantiasa bersyukur kepada Allah. Dengan bertambahnya nikmat bertambah pula kebahagiaan di dalam rumah tersebut, seperti yang dijelaskan dalam surat Ibrahim ayat ke-7: 

وَاِذْ تَاَذَّنَ رَبُّكُمْ لَىِٕنْ شَكَرْتُمْ لَاَزِيْدَنَّكُمْ وَلَىِٕنْ كَفَرْتُمْ اِنَّ عَذَابِيْ لَشَدِيْدٌ

Artinya: (Ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu. Tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), sesungguhnya azab-Ku benar-benar sangat pedih."

BACA JUGA:Resep Masakan Khas Bengkulu: Rebung Asam Undak Liling, Cocok Sebagai Menu Makan Siang

4. Rumah yang Dipenuhi Cinta dan Kasih Sayang dari Penghuninya

Rumah yang memiliki keberkahan adalah rumah yang senantiasa menghadirkan kasih sayang dan kebaikan di dalamnya. Kasih sayang yang besar di antara penghuninya menghadirkan kenyamanan sehingga menimbulkan rasa ingin pulang ke rumah tersebut. Oleh sebab itulah hendaknya orang tua menyayangi anak-anaknya dan kepala keluarga mengayomi keluarganya agar tetap menuju ke arah kebenaran.

5. Rumah yang Menjaga Kebersihan

Islam senantiasa mengajarkan kebersihan kepada setiap umatnya, begitu pula dengan rumah yang bersih dan indah adalah tanda yang nampak dari rumah-rumah islami. Bahkan Rasulullah SAW bersabda.

إِنَّ اللَّهَ طَيِّبٌ يُحِبُّ الطَّيِّبَ, نَظِيفٌ يُحِبُّ النَّظَافَةَ, كَرِيمٌ يُحِبُّ الْكَرَمَ, جَوَادٌ يُحِبُّ الْجُودَ, فَنَظِّفُوا أَفْنِيَتَكُمْ

Artinya: "Dari Rasulullah SWT: Sesungguhnya Allah SWT itu suci dan menyukai hal-hal yang suci. Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan. Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan. Dia Maha Indah yang menyukai keindahan. Karena itu bersihkanlah tempat-tempatmu." (HR Tirmidzi).

BACA JUGA:Apa Bedanya Emas Antam dan Pegadaian? Mana yang Lebih Mahal?

6. Rumah yang Sanggup Menutup Auratnya

Maksudnya adalah rumah yang mampu menutup setiap aurat bagi penghuninya baik itu yang datang ataupun yang sekedar lewat saja. Rumah yang mampu menjaga penghuninya agar tak terlihat di dalamnya. Hal tersebut kemudian tercantum di dalam Alquran surah An-Nur ayat 27:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لَا تَدْخُلُوْا بُيُوْتًا غَيْرَ بُيُوْتِكُمْ حَتّٰى تَسْتَأْنِسُوْا وَتُسَلِّمُوْا عَلٰٓى اَهْلِهَاۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ

Artinya: Hai orang-orang yang beriman, janganlah memasuki rumah yang bukan rumahmu sebelum meminta izin dan memberi salam kepada penghuninya, demikian itu lebih baik bagimu agar kamu mengambil pelajaran.

Rumah memang merupakan tempat perlindungan bagi kita dari panasnya matahari basahnya hujan dan dinginnya angin. Namun rumah juga harus mampu menyajikan ketenangan, kemakmuran, dan kenyamanan.

Tidak lupa pula rumah yang mampu menghadirkan keberkahan bagi penghuninya serta ketentraman dalam berpikir. Menciptakan rumah yang demikian tersebut haruslah diisi dengan cahaya keislaman.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: