Benarkah Orang Miskin Akan Masuk Surga Lebih Dulu dari Orang Kaya, Begini Penjelasannya

Benarkah Orang Miskin Akan Masuk Surga Lebih Dulu dari Orang Kaya, Begini Penjelasannya

Penyebab orang miskin bisa lebih dulu masuk surga dibanding orang kaya--

RADARUTARA.ID - Dalam kehidupan ini ada orang kaya dan ada orang miskin, orang kaya mendapatkan kenikmatannya di Dunia, sementara orang miskin akan mendapatkan kenikmatannya di akhirat.

Hal tersebut dikarenakan orang miskin akan masuk surga terlebih dahulu daripada orang kaya, dijelaskan di dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Imam Ahmad dari Abu Hurairah RA. Hadits ini dipaparkan Imam Ibnu Katsir dalam kitab An-Nihayah fi al-Fitan wa al-Malahim dan diterjemahkan oleh Ali Nurdin.

Diriwayatkan, Rasulullah SAW bersabda, "Orang-orang muslim yang fakir lebih dahulu masuk surga daripada orang-orang kaya dengan rentang waktu setengah hari, yaitu setara dengan lima ratus tahun kehidupan dunia."

BACA JUGA:7 Ramuan Herbal untuk Menurunkan Asam Urat dan Cara Meraciknya Tanpa Sentuhan Bahan Kimia, Dijamin Ampuh

Orang miskin yang dimaksud dalam hadis tersebut adalah orang muslim yang fakir, dalam riwayat lain juga dijelaskan bahwasanya rentang waktu antara orang kaya dan orang miskin selama 40 musim gugur.

Hal tersebut dijelaskan oleh Abdullah bin Umar Ra bahwasanya ia mendengar Rasulullah SAW bersabda "Sesungguhnya, orang-orang Muhajirin yang fakir mendahului orang-orang kaya pada hari kiamat, yaitu masuk ke surga, sejauh empat puluh musim gugur." (HR Ahmad)

Dalam sebuah hadis riwayat Imam Ahmad, yang dipaparkan oleh Imam Ibnu Katsir menjelaskan tentang alasan mengapa orang miskin lebih dahulu masuk surga daripada orang kaya. Rasulullah SAW bersabda yang artinya

"Dua orang mukmin bertemu di pintu surga. Keduanya mukmin kaya dan mukmin fakir saat di dunia. Lantas mukmin fakir dimasukkan ke surga sementara mukmin kaya ditahan sesuai kehendak Allah lalu dimasukkan ke surga. Lantas orang fakir bertemu dengan orang kaya itu dan bertanya, 'Wahai saudaraku, apa yang membuatmu tertahan? Demi Allah, engkau tertahan sehingga aku mengkhawatirkanmu.'

BACA JUGA:Apakah Benar Khasiat Daun Pepaya Tak Sepahit Rasanya? Ini Segudang Manfaat Daun Pahit Ini Bagi Kesehatan

Orang kaya itu menjawab, 'Wahai saudaraku, sesungguhnya aku tertahan setelahmu dengan penahanan yang mengerikan dan tidak disukai. Aku sampai kepadamu dengan kondisi bercucuran keringat sehingga jika ada seribu unta yang seluruhnya makan tumbuhan masam lalu minum keringat itu, niscaya unta-unta itu keluar dari keringat tersebut dalam keadaan kenyang'."

Dalam kitab Ash Shahihain dari hadits Abu Utsman an-Nahdi dari Usamah bin Zaid dijelaskan bahwasanya mayoritas penghuni surga adalah orang miskin hal tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:

"Aku berdiri di pintu surga. Ternyata, mayoritas orang yang memasukinya adalah orang-orang miskin. Selanjutnya, aku berdiri di pintu neraka. Ternyata, mayoritas orang yang memasukinya adalah perempuan." (HR Bukhari dan Muslim)

BACA JUGA:Agar Diberi Kemudahan Serta Bayi yang Sehat, Apa Doa yang Wajib Ibu Hafalkan Selama Hamil? Pelajari Disini Yuk

Dalam Shahih Bukhari juga terdapat riwayat serupa dari jalur Maslamah bin Zarir, dari Abu Raja', dari Imran bin Hushain. Abdurrazzaq turut meriwayatkan hadits tersebut dari Ma'mar, dari Qatadah, dari Abu Raja', dari Imran bin Milhan, dari Imran bin Hushain bahwa pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: