Desa di Pinang Raya Diminta Siaga Hadapi Bencana, Camat: Stok Logistik Lumbung Sosial Aman

Desa di Pinang Raya Diminta Siaga Hadapi Bencana, Camat: Stok Logistik Lumbung Sosial Aman

Bencana banjir yang melanda wilayah Ketrina baru-baru ini--

RADARUTARA.ID- Memasuki peralihan musim dari kemarau ke musim penghujan (Pancaroba). Potensi bencana alam seperti banjir, tanah longsor, angin kencang dan dampak bencana alam lainnya dikhawatirkan bisa terjadi kapanpun. 

Untuk, itu Camat Pinang Raya, M Irfan, S.Sos, meminta kepada seluruh masyarakat dan desa di wilayah kerjanya untuk siaga dalam menghadapi kemungkinan-kemungkinan terburuk itu. 

"Desa, masyarakat bahkan Tagana yang ada di masing-masing desa sudah kita minta siaga," ungkap Camat.

BACA JUGA:Warga Hanyut di Hulu Palik Ditemukan Meninggal Dunia, BPBD : Terimakasih Telah Membantu Proses Pencarian

Camat berharap, selama peralihan musim, ini terjadi seluruh masyarakat khususnya desa dapat melakukan kegiatan mitigasi bencana dengan meminimalisir faktor-faktor yang bisa memicu terjadinya bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan dampak bencana lainnya.

"Drainase, selokan dan aliran pembuangan air yang mampet tolong mulai di bersihkan dengan bergotong royong. Selain, itu ketika terjadi bencana alam apapun dan kapanpun, tolong kepada seluruh pemerintah desa atau Tagana, segera melaporkan peristiwa yang terjadi ke Satgas kecamatan agar bisa kita sikapi segera," imbaunya.

Di sisi lain, Camat memastikan, jajaran Satgas kecamatan juga telah mempersiapkan diri untuk menangani atau menyikapi segala bentuk dampak bencana yang bisa terjadi selama peralihan musim, ini dengan mempersiapkan logistik melalui lumbung sosial yang dimiliki pemerintah kecamatan.

"Untuk stok logistik bantuan di Lumbung Sosial yang kita miliki aman. Seluruh tenda darurat sampai kebutuhan pangan siap saji, siap didistribusikan kapan saja. Tapi mudah-mudahan dan kita berharap, selama peralihan musim ini berlangsung tidak ada peristiwa-peristiwa yang berdampak serius terhadap daerah kita," demikian Camat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: