Bukan Hanya Benteng Marlborough, Ini 3 Benteng Inggris yang Ada di Bengkulu

Bukan Hanya Benteng Marlborough, Ini 3 Benteng Inggris yang Ada di Bengkulu

Bukan Hanya Benteng Marlborough, Ini 3 Benteng Inggris di Bengkulu--

RADARUTARA.ID- Bengkulu merupakan salah satu daerah yang pernah diduduki Inggris selama 140 tahun.

Jejak bangsa Inggris pernah berdiam di bumi Raflesia itu hingga saat ini juga masih bisa terlihat, melalui keberadaan benteng bersejarah.

Saking lamanya di Bengkulu, Inggris bukan hanya satu namun membuat 3 benteng pertahanan di Bengkulu. Meski saat ini yang banyak di kenal masyarakat hanyalah Benteng Marlborough saja.

Benteng pertama yang di bangun Inggris yaitu Benteng York atau Fort York. Sesuai catatan sejarah, bangunan ini di dirikan pada 1618, lokasinya berada di Kelurahan Pasar Bengkulu, Kecamatan Sungai Serut, Kota Bengkulu.


Benteng York Bengkulu--

Fort York di bangun sebagai benteng pertahanan yang juga berfungsi sebagai lokasi kongsi dagang, barak militer, serta pemukiman.

Hanya saja, bangsa Inggris yang kala itu tinggal di benteng Fort York terserang wabah malaria, disentri, dan kolera. Wabah itupun mengakibatkan ratusan tentara Inggris yang berada di dalam Fort York meninggal dunia.

Selain itu, dilihat dari tata letak bangunan benteng juga kurang strategis, sehingga bangunan benteng pertamanya itu mulai tak di rawat dan Inggris memutuskan untuk membangun benteng baru yang saat ini di sebut sebagai Benteng Marlborough.


Benteng Marlborough--

Benteng Marlborough yang saat ini terkenal di Bengkulu merupakan benteng ke dua yang di bangun Inggris.

Benteng tersebut mulai di dirikan pada tahun 1714 dan rampung pada 1719.

Karena letak Fort Marlborough dinilai sangat strategis yaitu berada di tanah agak tinggi di tepi Pantai Tapak Paderi dan membelakangi Samudera Hindia.

Sehingga sangat mendukung pertahanan militer Inggris dalam usaha rempah-rempah di Sumatera dari ancaman Vereenigde Ostindische Compagnie (VOC) yang cukup berpengaruh. Maka pada pertengahan abad ke-18 benteng ini diperluas lagi dengan menambah gudang senjata dan pemukiman. Penambahan bangunan itupun akhirnya menjadikan benteng Marlborough sebagai benteng inggris terbesar se-Asia Tenggara.


Benteng Anna Bengkulu--

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: