Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 Kemenparekraf, Desa Batu Ampar Tawarkan Banyak Potensi Wisata

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023 Kemenparekraf, Desa Batu Ampar Tawarkan Banyak Potensi Wisata

Kemenparekraf RI saat mengunjungi Desa Wisata Batu Ampar, Kepahiang dan menyerahkan bantuan--

1. DAYA TARIK PENGUNJUNG

Desa Wisata Batu Ampar terletak di Kecamatan Merigi, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu, berpotensi sebagai Desa Wisata yang memilik Potensi Wisata Alam dan Budaya, disamping itu juga berpotensi sebagai Desa Wisata yang memiliki konsep ekowisata.

• Alam.

Desa Wisata Batu Ampar memiliki Potensi Daya Tarik Wisata Alam berupa Air Terjun Donok dengan ketinggian lebih kurang 20 meter dengan sumber air yang berasal dari Taman Wisata Alam Bukit Hitam Kabupaten Kepahiang, tidak hanya disuguhkan dengan suara air yang keras tetapi juga jika dilihat lebih cermat terdapat beberapa goa disekitar air terjun.

• Buatan

Camping Ground Selama di Desa Wisata Batu Ampar, wisatawan dapat merasakan sensasi menyatu dengan alam, menikmati alam yang sejuk Desa Wisata Batu Ampar juga membaur dengan masyarakat untuk belajar cara memetik kopi dan mengolah pucuk daun kopi menjadi peyek/bolu kopi , memanen unji dan mengolahnya menjadi stick unji, mengolah rebung menjadi stick rebung

• Seni

Kesenian yang ada di Desa Wisata Batu Ampar yakni berupa Tari Penyambutan, Pancak Silat, Sarapal Anam, dan Tari Rendai.

• Budaya

Penyambutan oleh Pemangku Adat Desa diserta dengan Tari Sekapur Sirih, Sedekah Adat dalam pelaksanaan ulang tahun desa dan permainan gasing oleh anak-anak yang ada di Desa Batu Ampar yang sampai dengan saat ini masih tetap terlestarikan dengan baik.

2. HOMESTAY & TOILET

• Homestay

Desa Wisata Batu Ampar ini memiliki 5 homestay yang bisa dipakai untuk menginap para wisatawan yang tersebar di setiap Dusun, dengan fasilitas yang di tawarkan berupa : kamar dengan ruang fentilasi yang baik, lemari, handuk, air minum, dan ruang makan. Disamping itu wisatawan juga akan mengikuti seluruh rangkaian aktifitas tuan rumah.

• Toilet

Untuk toilet Desa Wisata menyedikan kamar mandi lengkap dengan peralatanya dan WC leher angsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: