Kenapa Sedekah Dianjurkan Hari Jumat? Ternyata ini Keutamaannya

Kenapa Sedekah Dianjurkan Hari Jumat? Ternyata ini Keutamaannya

Kenapa Sedekah Dianjurkan Hari Jumat? Ternyata ini Keutamaannya--

RADARUTARA.ID- Banyak orang khususnya, para ulama menganjurkan kepada kita agar melaksanakan sedekah pada hari Jumat. Karena dipercaya, sedekah di hari Jumat oleh umat Muslim memiliki keutamaan tersendiri di mata Allah SWT. hari Jumat, ini pun mengingatkan Allah SWT dalam memuliakan umat Nabi SAW yang tidak diberikan kepada umat-umat Nabi terdahulu. 

Karena hari Jumat adalah hari istimewa, maka kita khususnya umat Muslim dianjurkan melakukan kebaikan, tak terkecuali bersedekah. 

Sedekah sendiri adalah amalan yang sangat dicintai Allah SWT. Ini, dibuktikan dengan banyaknya ayat Al Qur'an yang menyebutkan soal sedekah. Dan sedekah pun, tidak hanya berkaitan dengan penghambatan kepada sang Khaliq, tapi juga bagian dari sikap solidaritas sesama manusia

BACA JUGA:Mudah dan Tidak Ribet! Begini Cara Kredit HP Lewat Shopee, Ikuti Langkahnya

Dikutip dari NU Online, ayat Al Qur'an yang membahas tentang sedekah diantaranya adalah:

الَّذِينَ يُؤْمِنُونَ بِالْغَيْبِ وَيُقِيمُونَ الصَّلَاةَ وَمِمَّا رَزَقْنَاهُمْ يُنْفِقُونَ 

Artinya: (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rizki yang Kami anugerahkan kepada mereka (QS Al-Baqarah: 3).

وَبَشِّرِ الْمُخْبِتِينَ، الَّذِينَ إِذا ذُكِرَ اللهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَالصَّابِرِينَ عَلى مَا أَصابَهُمْ وَالْمُقِيمِي الصَّلاةِ وَمِمَّا رَزَقْناهُمْ يُنْفِقُونَ 

Artinya: Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah), (yaitu) orang-orang yang apabila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, orang-orang yang sabar terhadap apa yang menimpa mereka, orang-orang yang mendirikan sembahyang dan orang-orang yang menafkahkan sebagian dari apa yang telah Kami beri rezeki kepada mereka (QS Al-Hajj: 34-35).

Sementara hadits yang menyebut tentang sedekah antara lain:

عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ عَلَى مِنْبَرِهِ يَا أَيُّهَا النَّاسُ تُوبُوا إِلَى رَبِّكُمْ قَبْلَ أَنْ تَمُوتُوا وَبَادِرُوا إِلَيْهِ بِالْأَعْمَالِ الصَّالِحَةِ وَصِلُوا الَّذِي بَيْنَهُ وَبَيْنكُمْ بِكَثْرَةِ ذِكْرِكُمْ وَبِكَثْرَةِ الصَّدَقَةِ فِي السِّرِّ، وَالْعَلَانِيَّةِ، تُؤْجَرُوا، وَتُنْصَرُوا، وَتُرْزَقُوا

Artinya: Dari Jabir bin Abdillah berkata, Rasulullah bersabda saat beliau berada di atas mimbarnya, wahai manusia bertobatlah kalian kepada Tuhan kalian sebelum kalian mati. Bersegeralah kembali kepada-Nya dengan amal-amal saleh, sambunglah hubungan antara Tuhan dan kalian dengan memperbanyak dzikir dan sedekah di saat sunyi dan ramai, maka kalian diganjar, ditolong dan diberi rizki (HR al-Kassi dalam kitab al-Muntakhab min Musnad Abd bin Humaid).

BACA JUGA:Rekomendasi Sarapan di Bubur Ayam Abah Amel Bengkulu, Kuahnya Gurih, Sedap Bikin Ketagihan!

Secara spesifik tentang keutamaan bersedekah di hari Jumat, terdapat dalam bab “Hal-hal yang Diperintahkan di Hari dan Malam Jumat” dalam kitab al-Umm. Imam al-Syafi’i meriwayatkan hadits:

بَلَغَنَا عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي أَوْفَى أَنَّ رَسُولَ اللهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  قَالَ أَكْثِرُوا الصَّلَاةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَإِنِّي أُبَلَّغُ وَأَسْمَعُ قَالَ وَيُضَعَّفُ فِيهِ الصَّدَقَةُ

Artinya: Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, “Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar”. Nabi bersabda, “Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan” (Imam al-Syafi’i, al-Umm, juz 1, halaman 239).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: