Mengenal Lepek Binti, Kue Lebaran Khas Bengkulu yang Manis dan Unik Dibungkus Daun Pisang

Mengenal Lepek Binti, Kue Lebaran Khas Bengkulu yang Manis dan Unik Dibungkus Daun Pisang

Mengenal Lepek Binti, Kue Lebaran Khas Bengkulu yang Manis dan Unik Dibungkus Daun Pisang--

RADARUTARA.ID- Provinsi Bengkulu terkenal akan kekayaan budaya dan tradisinya. Selain itu, Bumi Rafflesia ini juga menyimpan harta kuliner yang menggugah selera.

Ada salah satu kue tradisional khas daerah ini yang bernama Kue Lepek Binti. Kue ini mempunyai sejarah yang panjang dan menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan warga Kota Bengkulu.

Kue lepek biniti mempunyai akar yang kuat dalam warisan budaya di Bengkulu. Tetapi, asal-usul pastinya belum bisa dipastikan secara akurat.

Konon katanya, kue ini sudah ada sejak zaman nenek moyang, dan setiap generasi di Kota Bengkulu melestarikannya dengan penuh rasa cinta serta kebanggaan. Warisan kuliner ini merupakan simbol identitas budaya mereka yang tak ternilai harganya. 

BACA JUGA:Resmi Dibuka dengan Mengandeng Tokopedia, TikTok Kuasai 75 Persen Saham, Lalu Bagaimana Nasib GoTo?

Kue lepek biniti dibuat dengan bahan bahan sederhana yang gampang ditemukan di sekitar Kota Bengkulu. Bahan-bahan utama yang dibutuhkan ada ketan putih yang sudah direndam semalaman, daun pisang sebagai alas dan pembungkusnya, hingga parutan kelapa sebagai taburan di atasnya.

Tak hanya itu, gula merah dan santan merupakan elemen terpenting yang bisa memberikan cita rasa manis dari kue ini. 

Pembuatan Kue Lepek Binti membutuhkan keterampilan dan kesabaran. Langkah pertama, ketan putih yang sudah direndam dihaluskan sampai menjadi adonan yang lembut dan kenyal. Lalu, adonan ketan tersebut diletakkan di atas daun pisang yang sudah dibersihkan.

Pada bagian tengahnya, sejumput gula merah diletakkan sebagai isinya. Lalu adonan dibungkus rapat dengan daun pisang dan dikukus selama beberapa menit sampai matang.

BACA JUGA:Inspirasi Bronjong Batu Kali Unik Terbaik, Tampilan Rumah Jadi Lebih Aesthetic dan Menarik

Kue Lepek Binti mempunyai daya tarik tersendiri lantaran gabungan rasa antara ketan yang kenyal dengan manisnya gula merah. Bahkan, aroma khas dari daun pisang ini juga ikut menyempurnakan dari cita rasa kue ini.

Bentuknya yang persegi dengan sentuhan daun pisang sebagai pembungkus sehingga menjadikannya terlihat menarik dan lezat.

Kue Lepek Binti bukan cuma sekadar camilan lezat, namun juga menjadi bagian penting dalam budaya masyarakat Bengkulu. Kue ini kerap dihidangkan dalam acara-acara spesial mulai dari pernikahan, khitanan, hingga perayaan hari besar.

Selain itu, masyarakat Bengkulu juga sering menjualnya sebagai salah satu sumber penghasilan mereka. Kehadiran Kue Lepek Binti di meja makan akan menghadirkan kenangan dan kehangatan hubungan sosial antar anggota keluarga.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: