Berikut Khasiat Tanaman Kumis Kucing yang Jarang Diketahui, Bisa Obati Asam Urat

Berikut Khasiat Tanaman Kumis Kucing yang Jarang Diketahui, Bisa Obati Asam Urat

Berikut Khasiat Tanaman Kumis Kucing yang Jarang Diketahui, Bisa Obati Asam Urat--

RADARUTARA.ID- Nama tanaman kumis kucing sangat familier bagi semua orang. Tapi tidak banyak orang yang tahu, bahwa tanaman kumis kucing ternyata memiliki khasiat khusus yang bisa menyembuhkan asam urat

Tanaman kumis kucing termasuk dalam keluarga mint dan namanya, berasal dari bunganya yang memiliki benang sari menyerupai kumis kucing. Di Asia Tenggara sendiri tanaman kumis kucing sudah umum dikonsumsi dengan cara di seduh sebagai teh yang produknya dikenal sebagai Java Tea (teh Jawa).

Selain menjadi rempah obat-obatan herbal, tanaman kumis kucing juga sering menjadi tanaman hias. Karena tanaman kumis kucing memiliki penampilan menarik dengan bunga indah berwarna putih dan ungu.

Ada kandungan khusus di dalam tanaman kumis kucing, ini. Diantaranya anti-oksidan kuat, beberapa fitokimia yang dikandungnya termasuk terpen, flavonoid, turunan asam caffeic dan minyak Atsiri. Pada umumnya tanaman kumis kucing digunakan sebagai obat herbal dalam menyembuhkan penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes serta kondisi peradangan sendi yakni asam urat dan rematik. 

BACA JUGA:Resep Pindang Patin Khas Bengkulu, Cocok untuk Menu Makan siang dan Bebas Bau Amis

Apa itu Asam Urat?

Asam urat adalah satu bentuk kondisi radang sendi yang diakibatkan oleh penumpukan kristal asam urat berlebih di persendian dan jaringan lunak. Dilansir dari laman Cleveland Clinic, penumpukan asam urat berlebih akan menyebabkan peradangan dan nyeri pada sendi seperti di bagian jari kaki, pergelangan kaki, lutut dan paling sering di jempol kaki. 

Secara alami, tubuh Anda dapat memproduksi asam urat ketika memecah bahan kimia (purin) yang ditemukan dalam makanan dan minuman tertentu.

Terkadang, tubuh menghasilkan banyak asam urat dan ginjal tidak mengeluarkannya dari darah dengan cepat. Dan ketika tubuh memiliki kadar asam urat tinggi (hiperurisemia), kristal asam urat bisa menumpuk dan mengendap di persendian. Alhasil, kristal tajam itu menggumpal dan mengakibatkan nyerii, bengkak dan gejala lainnya. 

BACA JUGA:Apakah Benar Terlalu Sering Minum Es atau Air Dingin Bisa Sebabkan Flu? Begini Penjelasannya

Manfaat Kumis Kucing untuk Asam Urat

Berdasarkan hasil studi yang diterbitkan oleh jurnal Australian Herbal Insight, tanaman kumis kucing memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat dan terbukti efektif menurunkan kadar asam urat pada darah.

Kandungan anti-inflasi dan efeknya, itulah yang membuat ramuan dari tanaman kumis kucing bermanfaat dalam mengobati asam urat.

Peradangan sendi adalah kejadian umum yang dapat mempengaruhi mobilitas secara signifikan yang sering disebabkan oleh gejala asam urat dan rematik. Selanjutnya, secara alami kumis kucing juga kata akan potasium dan kalsium yang penting bagi kesehatan tulang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: