Dana Reward Rp128 Juta Desa Gunung Payung Direalisasikan, Ini Peruntukannya

Dana Reward Rp128 Juta Desa Gunung Payung Direalisasikan, Ini Peruntukannya

Pelepasan bibit ikan oleh Pemdes Gunung Payung melalui tambahan dana desa--

RADARUTARA.ID- Dana reward atau alokasi tambahan dana desa (DD) sebesar Rp 128 juta atas prestasi yang dicapai oleh Sekdes Gunung Payung, Kecamatan Pinang Raya dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) RI TA 2023 telah direalisasikan.

Kepada radarutara.id, Kades Gunung Payung, Mimbar Situmorang, SIP, mengatakan, tambahan DD TA 2023 yang didapatkan dari Kemenkeu RI untuk desanya telah direalisasikan untuk mendorong peningkatan program ketahanan pangan dan peningkatan terhadap fasilitas Pamsimas desa.

Konkretnya, tambahan DD senilai Rp 128 juta itu digunakan untuk pengadaan bibit ikan tawar sebanyak 20.000 ekor, penambahan jaringan pipanisasi Pamsimas ke rumah warga dan digunakan untuk pelatihan peningkatan kapasitas Parades dan lembaga BPD Desa Gunung Payung

"Tambahan DD kita dapatkan di TA 2023, ini sudah kita serap dan realisasikan sesuai aturan yang diproyeksikan oleh pemerintah pusat. Diantaranya untuk meningkatkan program ketahanan pangan melalui pengadaan bibit ikan, penambahan jaringan pipanisasi Pamsimas ke rumah warga dan peningkatan kapasitas Parades serta BPD," ungkap Kades.

BACA JUGA:Pembangunan Jembatan Tuntas, Angkutan Batu Bara Tetap Dihimbau Lewat Jalur Tengah

Diungkapkan Kades, penambahan jaringan pipanisasi Pamsimas difokuskan kepada warga-warga yang selama ini belum tersentuh oleh jaringan air bersih Pamsimas desa dan sebagai langkah konkret desa dalam mengoptimalkan pendistribusian air bersih kepada warga dalam menghadapi dampak fenomena El Nino.

Selanjutnya, melalui pengadaan bibit ikan tawar, Kades berharap, kebutuhan desa dalam menjaga dan memenuhi kebutuhan pangan masyarakat selama fenomena El Nino berlangsung bisa tercukupi.

"Di sisi lain, peningkatan kapasitas terhadap Parades dan lembaga BPD juga kita nilai penting untuk mengawal program-program kerja desa. Karena bagai mana pun, program pembangunan yang dilaksanakan oleh desa akan berhasil jika ditunjang dengan sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni," demikian Kades.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: