Mitos atau Fakta, Minum Air Dingin Bisa Membuat Badan Gemuk? Berikut Penjelasannya

Mitos atau Fakta, Minum Air Dingin Bisa Membuat Badan Gemuk? Berikut Penjelasannya

Mitos atau Fakta, Minum Air Dingin Bisa Membuat Badan Gemuk? Berikut Penjelasannya--

RADARUTARA.ID- Orang selalu mengatakan, bahwa meminum air dingin atau es bisa menyebabkan tubuh seseorang menjadi gemuk, mitos atau fakta?

Indonesia adalah Negara yang beriklim tropis. Artinya, panasnya terik matahari sering memapar ke negara Indonesia dan penduduknya.

Hasilnya, penduduk Indonesia sering merasa haus, terutama di saat siang hari. Dan disaat seperti itu lah, mengkonsumsi minuman dingin terasa nikmat. Bahkan tidak hanya menghilangkan dahaga, tetapi seketika akan merasakan segar. 

BACA JUGA:Misteri Kematian Dr. Suharti Pala Belum Terungkap, Rumah Besar & Harta Berharga Terbengkalai Tanpa Ahli Waris

Nah, bagi Anda yang berniat diet atau menurunkan berat badan, mungkin sudah tak asing lagi mendengarkan anjuran agar tidak meminum air dingin. Karena air dingin disebut-sebut bisa mengakibatkan badan gemuk.

Dan anggapan, ini sangat dipercayai oleh banyak orang. Tapi apakah benar, minuman dingin bisa menyebabkan badan gemuk? 

Berikut penjelasannya, apa bila air dingin yang dimaksud adalah air mineral biasa, tanpa tambahan apapun, maka pernyataan bahwa mengkonsumsi minuman dingin menyebabkan gemuk, itu adalah salah. 

BACA JUGA:Mau Liburan ke Jakarta Bareng Besti? Ini 15 Destinasi Wisata Malam 2023 di Jakarta yang Jangan Dilewatkan

Dilansir dari penjelasan dr Nadia Octavia, kepada lifestyle.okezone.com, bahwa air mineral atau air putih biasa tidaklah mengandung kalori sama sekali. Artinya, berapa puluh liter air yang diminum tidak akan menjadikan anda gemuk. 

Masing-masing tubuh memiliki suhu inti sebesar 37 derajat celsius. Mengkonsumsi minuman atau makanan yang masuk (baik dingin atau panas) ke dalam tubuh. Bahkan tubuh Anda akan membakar kalori untuk

minuman atau makanan yang masuk (baik dingin atau panas) ke dalam tubuh, akan diubah sesuai dengan suhu tubuh. Bahkan, tubuh Anda akan membakar kalori untuk memanaskan air yang dingin. Contohnya, untuk mengubah suhu 500 ml air dingin, tubuh memerlukan 17 kalori.

BACA JUGA:6 Tips Liburan Bersama Anak Anti Ribet dan Menyenangkan, Termasuk Melibatkannya Dalam Perencanaan Liburan

Minum air dingin bisa menggemukkan apabila minuman yang dikonsumsi bukanlah air putih, dan mengandung unsur lain, misalnya soda, jus buah, teh, dan minuman lainnya.

Perlu hati-hati dengan kandungan kalorinya. Sebagai gambaran saja, bahwa Satu kaleng minuman bersoda mengandung setidaknya 150 kalori.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: