Ini Penyebab Danau Biru di Talang Boseng, Bukan Keajaiban Teryata

Ini Penyebab Danau Biru di Talang Boseng, Bukan Keajaiban Teryata

Ternyata Ini Penyebab Dana Biru Di Talang Bosengu--

RADARUTARA.ID - Danau Biru di Desa Talang Boseng Kecamatan Pondok Kelapa beberapa waktu lalu memang menyedot banyak perhatian dari masyarakat.

Tidak hanya dari dalam daerah, pengunjung Danau Biru tersebut juga banyak yang berasal dari luar daerah.

Para pengunjung dibuat penasaran Karana Air Danau yang awalnya berwarna jernih namun tiba-tiba bisa berubah menjadi biru.

Masyarakat bahkan banyak juga yang mencoba meminum Air Danau Biru Tersebut. Tidak hanya itu Air Danau juga dibawa pulang ke rumah untuk dijadikan koleksi.

Namun kini, asal muasal danau biru tersebut akhirnya terpecahkan, hal ini setelah  Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bengkulu Tengah mengeluarkan hasil uji laboratorium sample air Danau Biru.

BACA JUGA:Indonesia Terpilih Sebagai Anggota Dewan Eksekutif UNESCO 2023-2027

Dari hasil pengujian yang dilakukan oleh dua Laboratorium baik Labkesda Provinsi Bengkulu dan Laboratorium DLH Kota Bengkulu, didapati hasil bahwa penyebab air danau berubah tersebut karena adanya kandungan pupuk sawit yang berlebih. 

Kepala DLH Bengkulu Tengah, Mahendra Gustian menyampaikan, dari Unit parameter yang dilakukan didapati hasil, bahwa ada tiga parameter yang melebihi standar bahan baku Air seperti BOD, COD dan Phosfat total.

"Dengan kadar dari BOD,COD dan yang berlebih tersebut, sehingga bisa ditarik kesimpulan bahwa warna biru berasal dari zat kimia yang dilepaskan oleh alga di dasar Danau secara terus menerus," ujarnya. 

Dijelaskannya pula, Alga ini, bisa mengeluarkan zat kimia berlebih tersebut dari kandungan pupuk yang tidak terserap oleh pohon sawit, lalu diserap oleh alga di dasar danau.

"Selain itu, kandungan di dalam air ini berbahaya bagi tubuh karena memang ada  zat-zat kimia yang tidak bisa dicerna oleh tubuh," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: