5 Cara Memilih Susu Formula yang Tepat untuk Bayi, Cek Tanggal Kadaluarsa Hingga Kandungan Gula

5 Cara Memilih Susu Formula yang Tepat untuk Bayi, Cek Tanggal Kadaluarsa Hingga Kandungan Gula

5 Cara Memilih Susu Formula yang Tepat untuk Bayi, Cek Tanggal Kadaluarsa hingga Kandungan Gula--

RADARUTARA.ID - Sebagai seorang ibu, sudah sepatutnya untuk memberi ASI kepada bayinya. Namun, ada kondisi tertentu yang membuat dang ibu terpaksa tidak bisa memberi ASI kepada bayi. Sehingga salah satu jalan alternatifnya yaitu dengan memberi susu formula.

Tetapi, belum tentu susu formula yang diberikan cocok dengan sang bayi. Mungkin ada yang menderita intoleransi laktosa dan bemacam kondisi medis lain.

Itu sebabnya, sebagai seorang ibu harus paham betul bagaimana cara memilih susu formula yang bagus untuk bayinya.

BACA JUGA:Aksi Boikot Produk Israel, Susu Bayi ini Beredar di Indonesia, Salah Satunya Similac

Berikut ini ada 8 cara memilih susu formula yang tepat untuk bayi, diantaranya:

1. Sesuaikan dengan Usia

Hal ini dikarenakan kandungan dari susu formula untuk bayi baru lahir punya komposisi vitamin dan mineral yang berbeda dibanding dengan susu formula yang ditujukan untuk anak-anak berusia 6 bulan atau balita. Itu sebabnya, jangan sampai ibu salah membeli susu formula. 

2. Perhatikan Jenis Protein

Biasanya, protein yang ada di dalam susu formula adalah jenis protein dari susu sapi. Karena jumlah rasio protein susu sapi tidak jauh berbeda dengan air susu ibu (ASI).

Selain perihal rasio, protein susu sapi yang ada di dalam susu formula juga lebih mudah dicerna oleh sang bayi. Namun harus diingat, jenis protein yang gampanb dicerna yaitu jenis whey. Sehingga ibu bisa memilih produk susu formula yang menggabungkan jenis protein whey dengan kasein, dengan protein whey yang lebih tinggi dibandingkan kasein, yakni sekitar 60:40. Hal ini ditujukan supaya rasio tersebut sama dengan kandungan protein pada ASI.

BACA JUGA:Cocok Untuk Type 36, Begini Proses Membuat Dapur Kecil Minimalis Sederhana

3. Perhatikan Kandungan Gula

Sekarang ini sudah banyak merek susu formula khusus anak di bawah satu tahun dengan varian plain alias tanpa rasa. Selain masalah gula itu sendiri, alangkah baiknya memilih susu yang punya kandungan zat besi, AHA, DHA, LA, Omega 3 dan 6, dan banyak jenis vitamin lainnya yang bisa membantu tumbuh kembang sang bayi. 

4. Ganti Susu Jika Tidak Cocok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: