Wakili Puskesmas, Posyandu Arga Mulya Sabet Terbaik I Lomba Balita Sehat di Kabupaten

Wakili Puskesmas, Posyandu Arga Mulya Sabet Terbaik I Lomba Balita Sehat di Kabupaten

Gafur/RU.ID- Penyerahan hadiah kepada Balita sehat tingkat Kabupaten Bengkulu Utara--

ARGA MAKMUR, RADARUTARA.ID - Prestasi kembali diraih Desa Arga Mulya, Kecamatan Padang Jaya, Bengkulu Utara.

Kali ini mendapatkan kategori terbaik 1 dalam lomba Balita Sehat tingkat Bengkulu Utara pada Kamis (9/11/2023).  

Kepala PKM Air Lais, Sri Lukita melalui stafnya, Bidang Gizi, Arenga Nuci Fera mengungkapkan bahwa Desa Arga Mulya telah mendapatkan juara 1 dalam perlombaan Balita Sehat yang diadakan pada Kamis (9/11/2023) di Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Utara.

BACA JUGA:Pelayanan Numpang di Fasilitas Desa, Berharap Tahun 2024 Kemenag Bisa Perjuangkan Gedung Permanen KUA MSS

Renga mengatakan, Puskesmas Air Lais dilomba ini mengirimkan 2 peserta untuk kategori balita usia dibawah 6-23 bulan dan  24-59 bulan.

"Selamat ya Dania dari Desa Arga Mulya, telah mendapatkan juara 1 tingkat kabupaten. Siap-siap menuju ke tingkat Provinsi," ucapnya.

Dirinya mengaku, kategori balita sehat bisa dilihat dari intensitas kedatangannya di Posyandu, mulai dari berat badannya sesuai dengan grafik atau tidak, kesehatan gigi dan mulut hingga dilihat dari Ibu Balita apakah menggunakan Pil KB atau tidak.

"Dari kelengkapan imunisasi. Banyak faktor yang dilihat. Juga dari kesehatan Ibu si Balita,"akunya.

BACA JUGA:Lewat Program Ekstensifikasi Petani Bisa Rubah Tanaman Karet ke Tanaman Kepala Sawit, Begini Caranya

Dalam pelaksanaannya, Puskesmas Air Lais secara rutin maraton melaksanakan kegiatan cek perkembangan balita melalui masing-masing Posyandu di desa.

"Raihan prestasi ini adalah bukti, kami menilai bagi para orang tuanya yang rajin ke Posyandu, maka akan kami ikutsertakan dalam lomba bayi sehat,"sambungnya.

Dengan begitu, Renga menambahkan proses mendapatkan juara adalah tidak instan, butuh dukungan dari para orang tua untuk menjaga balitanya agar tetap sehat dengan rajin keposyandu.

"Harapannya dengan kegiatan lomba ini, Kecamatan Padang Jaya akan mendukung penanganan stunting di Bengkulu Utara. Dengan rajin ditimbang di Posyandu akan menunjukkan pertumbuhan anak dengan gizi yang baik. Jika ditemukan anak yang kurang gizi maka akan ada pendampingan dari Puskesmas Air Lais, Kecamatan Padang Jaya," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: