Kenapa saat Maghrib Pintu Rumah Harus Ditutup? Begini Kata Rasulullah

Kenapa saat Maghrib Pintu Rumah Harus Ditutup? Begini Kata Rasulullah

Kenapa saat Magrib Pintu Rumah Harus Ditutup? Begini Kata Rasulullah--

RADARUTARA.ID- Islam mengajarkan, waktu maghrib merupakan pertanda munculnya para setan dan jin karena identik dengan kegelapan. Dan Nabi SAW juga menganjurkan kepada kaum muslim agar menutup pintu rumah ketika memasuki waktu maghrib

Konkretnya, penjelasan Rasulullah ini turut dijelaskan di dalam sebuah hadits dari Jabir bin Abdillah RA, Nabi SAW bersabda:

"Jika masuk awal malam atau beliau mengatakan: jika kalian memasuki waktu sore, maka tahanlah anak-anak kalian karena setan sedang berkeliaran pada saat itu. Jika sudah lewat sesaat dari awal malam, boleh lah kalian lepaskan anak-anak kalian. Tutuplah pintu-pintu dan sebutlah nama Allah SWT karena setan tidak bisa membuka pintu yang tertutup," HR Bukhari dan Muslim. 

BACA JUGA:Mobil Listrik Ini Diprediksi Bakal Ganggu Pasarnya Agya dan Calya, Spek Dewa Harganya Cuma Rp180 Jutaan

Di sisi lain, menurut buku hidup bersama Rasulullah Muhammad Shallallahu'alaihi wa Sallam yang dituliskan Daeng Naja, makna awal malam pada hadits di atas adalah setelah terbenamnya matahari. Selain, itu Nabi SAW juga menganjurkan kaum muslim agar tidak melepas hewan ternak mereka pada waktu  matahari terbenam. 

"Jangan lepaskan hewan ternak dan anak-anak kalian ketika matahari terbenam sampai berlalunya awal isya karena pars setan berkeliaran antara waktu terbenamnya matahari sampai berlalunya Isya," jelas HR Muslim. 

Selanjutnya, Imam Ibnu Abdilbarra, melalui Al Istidzkar, juga menegaskan. Bahwa anjuran menutup pintu rumah pada waktu magrib dimaksudkan sebagai upaya menjaga diri dari gangguan setan dan jin. Terlebih, juga dijelaskan, jika setan tidak dapat membuka pintu yang tertutup. 

Dan membaca basmalah sebelum masuk rumah juga sama dengan menghalangi setan untuk masuk ke rumah. Pada saat setan berkata tidak ada tempat untuknya bermalam seperti yang dijelaskan oleh Imam Nawawi.

BACA JUGA:Bacaan Doa setelah Salat Dhuha, Amalan untuk Mengundang Rezeki dari Segala Arah

Hadist lain pun, mengatakan perintah tentang menutup pintu pada saat magrib yang bersumber dari riwayat Ahmad. Ini bunyinya:

اَغْلِقُوا الْأَبْوَابَ بِالَّيْلِ وَأَطْفِئُوا السُّرْجَ وَأَوْكُوا الأَسْقِيَةَ وَخَمِرُوا الطَّعَامَ وَالشَّرَابَ وَلَوْ أَنْ تَعْرُضُوا عَلَيْهِ بِعُوْدٍ

Artinya: "Tutuplah pintu-pintu ketika malam, dan matikanlah lampu-lampu. Tutuplah bejana serta tempat makan dan minum, walau hanya engkau taruh sepotong kayu di atasnya." (HR Ahmad)

Dalam buku "Sehari Semalam Bersama Rasulullah Muhammad Shallallahu 'Alaihi wa Sallam" oleh Daeng Naja, menutup pintu dan memasukkan anak-anak ke dalam rumah di waktu Maghrib termasuk ke dalam adab di samping upaya menjaga diri. Ketika Maghrib, banyak anak-anak dan rumah-rumah yang dihinggapi setan, sementara orang tua tidak menyadarinya.

Para setan yang mencari tempat berlindung ini melarikan diri dari setan lain yang memiliki kekuatan lebih besar. Mereka akan bergerak dengan cepat melebihi kecepatan manusia.

BACA JUGA:3 Cara Aman ini Bisa Kalian Gunakan untuk Menghapus Data Pribadi dari Pinjaman Online

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: