Ternyata Kebiasaan Minum Kopi Setiap Pagi Dapat Mengurangi Berbagai Resiko Penyakit Kronis, Ini Penjelasannya

Ternyata Kebiasaan Minum Kopi Setiap Pagi Dapat Mengurangi Berbagai Resiko Penyakit Kronis, Ini Penjelasannya

Ternyata Kebiasaan Minum Kopi Setiap Pagi Dapat Mengurangi Berbagai Resiko Penyakit Kronis, Begini Penjelasannya--

RADARUTARA.ID - Mengonsumsi kafein, seperti kopi dan teh hijau, telah menjadi kebiasaan lama di Zona Biru, rumah bagi kebanyakan manusia yang berumur panjang.

Para ahli gizi telah menyelidiki manfaat kafein ini, dan hasilnya sangat mengagumkan. Kafein dianggap dapat mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, termasuk Alzheimer, asma, penyakit hati, diabetes tipe 2, penyakit kardiovaskular, serta kanker hati, endometrium, dan prostat.

Kopi adalah minuman pokok di tiga Zona Biru, dengan satu miliar orang di seluruh dunia mengonsumsinya. Namun, para penduduk Zona Biru Okinawa, Jepang, lebih sering mendapatkan kafein dari teh hijau.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik kopi maupun teh hijau mengandung senyawa antioksidan dan antiinflamasi yang dapat meningkatkan kesehatan, termasuk menurunkan tekanan darah dan resistensi insulin.

BACA JUGA:4 Senjata Baru Jokowi Akhir Tahun 2023, Program BLT El Nino Hingga Bebas Biaya Administrasi Rumah Murah

Penelitian juga menunjukkan bahwa minum satu cangkir kopi atau tiga cangkir teh hijau setiap hari dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah. Kebiasaan penduduk Zona Biru dalam mengonsumsi kafein bervariasi.

Di Semenanjung Nicoya, Kosta Rika, 

kopi lebih encer dan diminum sepanjang hari. Dengan mengencerkan kopi, kita bisa memperpanjang waktu yang dibutuhkan kafein untuk masuk ke dalam tubuh," kata Pasquariello.

"Ketika semua kafein masuk ke dalam tubuh sekaligus, efeknya secara alami akan lebih terasa." "Namun, kecemasan, kegelisahan, jantung berdebar, atau gangguan pencernaan yang kita rasakan akibat kopi akan muncul lebih cepat dan bisa jadi tidak menyenangkan," ujar dia. 

Ini memungkinkan tubuh untuk lebih lambat menyerap kafein, menghindari efek samping negatif.

BACA JUGA:3 Amalan dari Mbah Moen Ini Terbukti Ampuh dan Qobul, Rezeki Lancar dan Hidup Tidak Akan Susah, Buktikan!

- Di Ikaria, Yunani, dan Sardinia, Italia,

Kopi ikaria dibuat dengan memanggangnya sebentar, serta digiling dengan halus. Dengan metode ini dapat menghasilkan kafein dalam jumlah yang lebih rendah.

Berbeda dengan orang sardina sebagian besar mereka menikmati minuman berbasis espresso, walaupun berbeda secara penikmatannya Mon mereka masih memiliki kebiasaan yang sama yaitu sama-sama menikmati kopi di sela-sela kesehariannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: