Kapan Waktu yang Tepat Untuk Mengganti Oli Motor? Ini Patokannya

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Mengganti Oli Motor? Ini Patokannya

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Mengganti Oli Motor? Ini Patokannya--

RADARUTARA.ID - Ganti oli motor merupakan hal yang paling penting untuk dilakukan secara rutin, apalagi jika kamu menggunakan motor matic.

Ganti oli harus dilakukan secara rutin. Lalu, Kapan Waktu yang Tepat Untuk Mengganti Oli Motor?

Diketahui, oli harus diganti setiap kenadaraan menemupuh jarak tertentu. Apabila tidak diganti, maka performa motormu bisa menurun.

Tetapi, tak bisa dipungkiri bahwa terkadanv masih ada saja orang yang kebingungan kapan Kapan Waktu yang Tepat Untuk Mengganti Oli Motor.

BACA JUGA:Berikut Ini Daftar Lengkap Pejabat Pemkab Bengkulu Utara yang Dimutasi

Itu sebabnya, Simak penjelasan sepengkapnya di bawah ini.

Umumnya, oli motor wajib diganti pada kilometer 3.000 hingga 5.000. Jadi, saat motor kamu telah mencapai interval ini, kamu harus mengganti olinya.

Apabila kamu tidak mengganti olinya, memang mesin dan performa motor masih akan terasa baik-baik saka. Tetapi, kualitas oli yang buruk akan menjadikan mesin bermasalah dikemudian hari.

Untuk menentukan kapan oli motor harus diganti juga dapat dilihat dari kilometer harian. Untuk pemakaian sekitar 20 hingga 50 kilometer per hari, penggantian oli dianjurkan untuk dilakukan setiap satu setengah bulan.

BACA JUGA:Peduli Palestina, Kedutaan Buka Rekening Resmi untuk Berdonasi

Apablia jarak tempuh di atas 50 kilometer dalam sehari, maka alangkah baiknya ganti oli motor matik sebulan sekali.

Walaupun kilometer kerap dijadikan sebagai acuan untuk menggati oli, banyak orang yang beranggapan bahwa masa pemakaian mesin merupakan acuan yang harus digunakan.

Karena, ketika kita sedang terjebak macet, kilometer motor tak akan bertambah, namun mesin masih tetap bekerja, dan pelumas juga tetap bersirkulasi.

Jadi, apabila kamu tinggal di daerah yang sering terjebak macet, alangkah baiknha untuk menggunakan hitungan usia mesin sebagai acuan dalam mengganti oli.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: