4 Mahar Pernikahan yang Dilarang dalam Islam, Calon Pengantin Wajib Tahu

4 Mahar Pernikahan yang Dilarang dalam Islam, Calon Pengantin Wajib Tahu

4 Mahar Pernikahan Yang Dilarang Dalam Islam. Calon Pengantin Wajib Tahu.--

Dalam buku walimah cinta oleh Ummu Azzam, agama Islam telah memberikan keringanan kepada laki-laki yang tidak mampu memberikan mahar bernilai nominal yang tinggi sesuai permintaan wanitanya. Untuk mencicil atau mengasurnya. Mushthafa Al-Khin dalam kitabnya Al-Fiqhul Manhaji, juz IV, halaman 77 juga menjelaskan:

لا حدّ لأقل المهر، ولا لأكثره، فكلّ ما صحّ عليه اسم المال، أو كان مقابلاً بمال، جاز أن يكون مهراً، قليلاً كان أو كثيراً، عيناً أو ديناً، أو منفعة: كسجادة، أو ألف ليرة، أو سكنى دار، أو تعليم حرفة

Artinya:

"Tidak ada batasan dalam minimal dan maksimalnya mahar. Intinya, segala sesuatu yang sah disebut harta dan bisa ditukar dengan harta, boleh menjadi mahar, besar ataupun kecil, dibayar tunai ataupun dihutang, bisa juga berupa manfaat seperti sajadah, uang tunai senilai 1000 lira (mata uang Mesir), manfaat tinggal di suatu rumah, atau jasa mengajar baca walau hanya satu huruf."

BACA JUGA:Rahasia Pemilik 4 Weton yang Memiliki Rezeki Lancar

Hukum memberikan mahar dalam Islam adalah wajib seperti yang dijelaskanDalam kitab al-Fiqh al-Manjhaji berikut ini.

الصداق واجب على الزوج بمجرد تمام عقد الزواج، سواء سمي في العقد بمقدار معين من المال: كألف ليرة سورية مثلاُ، أو لم يسمِّ، حتى لو اتفق على نفيه، أو عدم تسميته، فالاتفاق باطل، والمهر لازم.

Artinya:

"Maskawin hukumnya wajib bagi suami dengan sebab telah sempurnanya akad nikah, dengan kadar harta yang telah ditentukan, seperti 1000 lira Syiria, atau tidak disebutkan, bahkan apabila kedua belah pihak sepakat untuk meniadakannya, atau tidak menyebutkannya, maka kesepakatan tersebut batal, dan maskawin tetap wajib."

Nah demikianlah tadi beberapa penjelasan mahar-mahar yang dilarang dalam Islam, semoga dapat memberikan wawasan dan pemahaman baru bagi kita terutama bagi kita yang hendak melaksanakan pernikahan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: