Mitoni, Tradisi Jawa yang Dilakukan Aurel Hermansyah, Ini Arti dan Manfaatnya

Mitoni, Tradisi Jawa yang Dilakukan Aurel Hermansyah, Ini Arti dan Manfaatnya

Mitoni, Tradisi Jawa yang Dilakukan Aurel Hermansyah, Ini Arti dan Manfaatnya--

RADARUTARA.ID - Baru-baru ini acara mitoni menjadi sorotan warganet. Lantaran, salah satu artis terkenal, Aurel Hermansyah melakukan rangkaian acara adat ini. mitoni sendiri adalab ungkapan rasa syukur dan permohonan supaya diberi perlindungan dan keselamatan kepada ibu hamil dan bayi yang akan lahir.

Tradisi ini biasanya dilakukan pada ibu hamil pertama ketika kandungan berusia 7  bulan. Tradisi ini terkenal dan berkembang di daerah pulau jawa. Tradisi ini juga terdiri dari beberapa rangkaian yang berbeda-beda di setiap daerahnya.

Tetapi di beberapa daerah mempunyai kesamaan bentuk acara pada pelaksanaan mitoni, diantaranya: membuat rujak, siraman calon ibu, memasukkan telur ayam kampong, pantes-pantes, membelah kelapa gading, dan juga selamatan.

Waktu untuk melaksanakan mitoni tergantung dari yang punya hajad. Biasanya melaksanakannya dipagi hari, sore dan malam hari.

BACA JUGA:5 Negara Dunia yang Tak Pernah Dijajah, Salah Satunya dari Negara Asia Tenggara

Mitoni merupkan tradisi yang sudah lama hingga saat ini, itu sebabnya muncul suatu mitos yang menyatakan bahwa apabila tidak melakukan mitoni, maka ditakutkan akan terjadi hal-hal yang buruk pada ibu hamil dan sang bayi.

Bahkan, selain untuk meminimalisir terjarinya hal buruk, berikut ini Manfaat 7 Bulanan (mitoni)’

1. Agar bayi yang ada di dalam kandungan lahir dengan selamat.

2. Agar diberi kemudahan saat melahirkan.

3. Agar diberkahi oleh Allah swt.

4. Agar bayi yang mereka lahirkan kelak menjadi anak yang sholeh dan sholeha.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: