Bukan Hanya Surah Al-Kahfi, Ini Deretan Surat yang Dianjurkan Dibaca Pada Hari Jum’at

Bukan Hanya Surah Al-Kahfi, Ini Deretan Surat yang Dianjurkan Dibaca Pada Hari Jum’at

Bukan Hanya Surah Al-Kahfi, Ini Deretan Surat Yang Dianjurkan Dibaca Pada Hari Jum’at--

RADARUTARA.ID - Rasulullah SAW terbiasa membaca berbagai surat surat tertentu yang tercantum dalam Al Quran di hari Jumat. Hari Jumat sendiri merupakan salah satu hari yang spesial bagi umat Islam dibanding dengan hari lainnya, terbukti ada hadits-hadits yang mengungkapkan keutamaan pada hari Jumat.

Salah satunya dikatakan sebaik-baiknya hari dalam seminggu maka hari Jum’at yang paling baik. Hal ini dikisahkan oleh Abu Hurairah RA bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda,

Artinya: “Sebaik-baik hari yang disinari matahari adalah hari Jumat. Pada hari itu, Nabi Adam AS diciptakan, pada hari itu ia dimasukkan ke surga, dan pada hari itu pula ia dikeluarkan darinya. Tidak akan terjadi hari kiamat kecuali pada hari Jumat,” (HR At Tirmidzi).

 BACA JUGA:Jangan Sedih, Ini 3 Amalan Hari Jumat untuk Wanita Haid Agar Pahala Tidak Terputus

Apabila ditanya surat apa yang dianjurkan untuk lafalkan pada hari jum’at? 

Jawaban utamanya sudah pati surah Al-Kahfi. Tercantum dalam riwayat hadits, orang yang membaca surat Al Kahfi di hari Jumat akan diampuni dosanya. Bahkan, apakah ada surah surah lainnya? Tentu saja banyak. 

Rasullah SAW senantiasa membiasakan membaca surat-surat di hari jumat. Selain Al-Kahfi, ada beberapa diantaranya yang bisa kita amalkan juga. 

Pilihannya yaitu ada Surah Yasin dan Surah Saffat. Rasulullah SAW bersabda,

Artinya: “Siapa yang membaca Surat Yasin dan As Saffat pada hari Jumat lalu memohon kepada Allah SWT, niscaya Dia mengabulkan permohonannya,” (HR Abu Dawud).

BACA JUGA:Jangan Disepelekan, Kenali Reaksi Tubuh Terhadap Gejala Diabetes yang Muncul di Pagi Hari 

Selanjutnya, surat As Sajadah serta Al Insan sebagai dua surat yang biasa dibaca oleh Rasulullah SAW di hari Jumat, khususnya dalam pelaksanaan salat subuh. dari Abu Hurairah RA yg mengatakan,

Artinya: “Adalah Rasulullah SAW biasa membaca pada hari Jumat dalam salat fajar (subuh), surat As Sajdah (Alif lam miim tanziil) dan surat Al Insan (Hal ataa ‘alal insaani),” (HR Bukhari dan Muslim)

Apabila di shalat shubuh hari jumat Rasulullah SAW membaca Surah As Sajdah dan Al Insan, amalan surah lain yg dibaca saat shalat jum’at yaitu surah Al Jumuah dan Al Munafiqun. Nah ini bisa kamu coba untuk dilafalkan ketika shalat Jum’at.  

Sekian amalan surah lain yang bisa kita dilafalkan pada hari jum’at yang biasa dibaca oleh Rasulullah SAW. Namun harus digaris bawahi, bukan berarti umat muslim tak diperbolehkan untuk membaca surat lain selain yang sudah disebutkan di atas. Surat-surat yg dibaca pada hari Jumat tersebut cuma keutamaan dari Rasulullah SAW dan tidak seharusnya dijadikan sebuah kewajiban atau pun syarat yang sah.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: