Sering Mengalami Hal Ini di Pagi Hari, Hati-hati Asam Urat, Kenali Gejalanya Sebelum Terlanjur Parah

Sering Mengalami Hal Ini di Pagi Hari, Hati-hati Asam Urat, Kenali Gejalanya Sebelum Terlanjur Parah

Sering Mengalami Hal Ini Di Pagi Hari, Hati-Hati Asam Urat, Kenali Gejalanya Sebelum Terlanjur Parah.--

RADARUTARA.ID - Penyakit asam urat, atau Hyperuricemia, adalah kondisi di mana kadar asam urat dalam darah meningkat. Gejala dari kondisi ini melibatkan tingginya konsentrasi asam urat plasma, melebihi 6,8 mg/dL.

Ketika tingkat asam urat terlalu tinggi, dapat terjadi pembentukan kristal seperti jarum yang dapat menumpuk di persendian, menyebabkan timbulnya rasa sakit dan pembengkakan tiba-tiba yang dikenal sebagai gout.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Arthritis Rheumatology, risiko mengalami serangan gout 2,4 kali lebih tinggi pada malam dan dini hari dibandingkan pada siang hari.

Ini disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk penurunan suhu tubuh yang terjadi pada malam hari dan dehidrasi semalaman yang dapat membuat asam urat lebih mudah terakumulasi. Oleh karena itu, gejala asam urat dapat muncul saat seseorang bangun tidur di pagi hari.

BACA JUGA:Ternyata Ibu Hamil yang Sering Minum Air Kelapa Agar Kulit Bayi Bersih, Hanya Mitos

Berikut adalah gejala yang dapat terjadi saat kadar asam urat meningkat:

1. Nyeri pada sendi, biasanya menyerang jempol kaki, tetapi dapat terjadi pada berbagai sendi lainnya seperti pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan, dan jari. Nyeri ini cenderung menjadi lebih parah dalam 4 hingga 12 jam pertama setelah serangan dimulai.

2. Sensasi tidak nyaman yang berlanjut pada sendi setelah rasa sakit paling parah mereda. Kondisi ini bisa berlangsung selama beberapa hari hingga beberapa minggu. Serangan berikutnya cenderung lebih lama dan memengaruhi lebih banyak sendi.

BACA JUGA:PUSING! Biaya Hidup Naik Tapi Gaji Pas-pasan, Solusinya di Pinjol Modal KTP, Cair Rp25 Juta Tanpa Agunan

3. Peradangan dan kemerahan pada sendi yang terkena. Sendi yang terpengaruh akan membengkak, terasa lembut, hangat, dan berwarna merah.

4. Keterbatasan gerak seiring dengan perkembangan kondisi asam urat. Seseorang mungkin akan kesulitan menggerakkan sendi secara normal.

Jika Anda mengalami nyeri sendi yang hebat dan tiba-tiba, segera konsultasikan dengan dokter. Penyakit asam urat yang tidak diobati dapat menyebabkan rasa sakit semakin parah dan kerusakan pada sendi.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: