Meski Lezat dan Nikmat, 6 Makanan Tinggi Purin Ini Terlarang Bagi Penderita Asam Urat, Apa Saja?

Meski Lezat dan Nikmat, 6 Makanan Tinggi Purin Ini Terlarang Bagi Penderita Asam Urat, Apa Saja?

Meski Lezat Dan Nikmat, 6 Makanan Tinggi Purin Ini Terlarang Bagi Penderita Asam Urat, Apa Saja?--

RADARUTARA.ID- Asam urat, penyakit radang sendi yang ditandai dengan kadar Asam urat tinggi dalam tubuh, tak boleh disepelekan. Siapa saja bisa mengalaminya, tanpa pandang usia. Salah satu pemicunya adalah makanan yang kita konsumsi.

Penumpukan asam urat ini dapat menyebabkan rasa nyeri dan peradangan sendi yang tak tertahankan, terutama di area jempol kaki. Jika tidak dikontrol, asam urat dapat memicu komplikasi serius seperti kerusakan sendi permanen, batu ginjal, dan bahkan penyakit jantung.

Salah satu faktor utama yang berkontribusi terhadap asam urat adalah konsumsi makanan tinggi purin. Purin adalah senyawa alami yang ditemukan dalam berbagai makanan, dan tubuh kita memecahnya menjadi asam urat.

Ketika tubuh menghasilkan atau mengonsumsi terlalu banyak purin, kadar asam urat dalam darah bisa melonjak, memicu serangan asam urat.

BACA JUGA:Harga Bekas Motor Bebek Legendaris Satria Hiu Tembus Rp50 Juta, Meski Harga Selangit Namun Tetap Jadi Buruan

Berikut 6 makanan tinggi purin yang wajib dihindari penderita asam urat:

1. Makanan Laut (Seafood)

Makanan yang tinggi protein seperti makanan laut merupakan musuh alami bagi penderita asam urat. Sebut saja makanan seperti ikan dan kepiting serta lobster merupakan sedikit makanan bahan makanan yang apabila dikonsumsi oleh seorang penderita asam urat maka membuat asam uratnya menjadi kambuh. 

2. Daging Merah

Kain makanan laut makanan seperti berasal dari daging merah juga sangat dianjurkan untuk dihindari oleh penderita asam urat. Seperti daging sapi domba dan daging babi patut dihindari sebab memiliki kandungan yang tinggi akan zat purin. Selain itu sebagai alternatif penderita asam urat dapat mengkonsumsi daging unggas putih atau sumber protein nabati yang dapat menjadi pengganti daging.

BACA JUGA:Pecinta Touring Wajib Tahu, Ini 5 Posisi Berkendara Motor yang Tepat Agar Nyaman dan Tidak Cepat Lelah

3. Jeroan

Selain daging jeroan sapi juga mengandung kandungan purin yang cukup tinggi, sehingga hal tersebut tidak disarankan bagi penderita asam urat sebab akan berpotensi menimbulkan kambuh di kemudian hari. 

4. Roti

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: