Ternyata Ini Kota/Kabupaten Tersepi di Indonesia, Mungkinkah Tempat Tinggalmu?

Ternyata Ini Kota/Kabupaten Tersepi di Indonesia, Mungkinkah Tempat Tinggalmu?

Ternyata Ini Kota/Kabupaten Tersepi di Indonesia, Mungkinkah Tempat Tinggalmu?--

RADARUTARA.ID - Tahukah kamu bahwa di Indonesia ada kota atau kabupaten yang dijuluki sebagai tempat tersepi? Jika kamu belum mengetahuinya mari kita bahas. 

Di Indonesia sendiri saat ini mempunyai 38 provinsi, 514 kota atau kabupaten, 7277 kecamatan, 83763 Desa atau kelurahan serta 17.001 pulau yang sudah mempunyai nama.

Dari ratusan kota atau kabupaten yang terbentang dari sabang sampai merauke tersebut, ternyata ada satu tempat yang dijuluki sebagai kota tersepi, hal ini berdasarkan luas daerah dan total jumlah penduduk yang ada di sana.

Kota tersepi di Indonesia ternyata adalah kota Tidore Kepulauan yang ada di indonesia, kota ini sendiri teretak di provinsi Maluku. 

BACA JUGA:Spesial Untuk PNS yang Pindah Ke IKN, PUPR Kucurkan Rp.9,4 Triliun untuk Membangun Hunian yang Nyaman

BACA JUGA:Begini Cara Melaporkan Gangguan Listrik di Rumah Lewat Aplikasi PLN Mobile

Berdasarkan data dari kementerian dalam negri (Kemendagri) luas wilayah kota ini mencapai 1.703.32 KM persegi  dengan jumlah penduduk yang mencapai 115.784 pada tahun 2022 lalu.

Jika melihat luas wilayah dan jumlah penduduknya, kepadatan penduduk di wilayah ini hanya 68 jiwa per km persegi.

Hal ini yang menyebabkan kota Tidore kepulauan menjadi kota tersepi di Indonesia.

Sementara itu untuk kabupaten tersepi fi Indonesia adalah kabupaten Memberano Raya di provinsi Papua. Bedaarkan data dari kemendagri luas wilayah ini mencapai 29.04307 km persegi dengan jumlah penduduk,sekitar 38735 jiwa pada tahun 2022 lalu.

Dengan jumlah tersebut, kepadatan penduduk di wilayah ini hanya 1 jiwa per km persegi.sehingga menjadikan kabupaten ini paling sepi di Indonesia.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: