Al Quran Sudah Jelas Mengatakan Mengenai 8 Sumber Rezeki di Dunia untuk Umat Manusia

Al Quran Sudah Jelas Mengatakan Mengenai 8 Sumber Rezeki di Dunia untuk Umat Manusia

Al Quran Sudah Jelas Mengatakan Mengenai 8 Sumber Rezeki di Dunia untuk Umat Manusia--

RADARUTARA.ID- Rezeki merupakan anugerah yang diberikan kepada seluruh makhluk ciptaan Allah tanpa terkecuali baik manusia ataupun tumbuhan. Rezeki bisa datang dari mana saja dan tidak hanya terbatas dari yang diusahakan manusia.

Sebab Allah subhanahu wa ta'ala telah menjanjikan hal tersebut dalam Alquran. Imam Ibnu Katsir menjelaskan dalam kitab tafsirnya bahwasanya Allah subhanahu wa ta'ala menjamin rezeki makhluk-nya, termasuk semua hewan melata di bumi baik yang kecil maupun besar, yang ada di daratan maupun di lautan.

Imam Al Ghazali pernah berkata, "Dia yang menciptakan rezeki dan menciptakan yang mencari rezeki, serta Dia pula yang mengantarkan kepada mereka dan menciptakan sebab-sebab sehingga mereka dapat menikmatinya." 

Disebutkan pula dalam hadist ari Abdullah bin Mas'ud radhiallahu anhu diceritakan bahwa Ummu Habibah pernah berdoa kepada Allah subhanahu wa ta'ala untuk meminta rezeki berupa usia, mendengar hal tersebut Rasulullah pun berkata: 

"Sesungguhnya, kamu memohon kepada Allah SWT; ajal, kematian, dan rezeki yang telah ditentukan, di mana Allah tidak akan mengajukan ataupun mengundurkan sebelum waktunya. Apabila kamu memohon kepada Allah SWT agar Dia menyelamatkanmu dari siksa neraka dan siksa kubur maka hal itu lebih baik bagimu." (HR Muslim)

BACA JUGA:Ini 5 Warna Cat Rumah Pembawa Keberuntungan, Bikin Rezeki Makin Ngalir Kata Ilmu Fengshui

Nah berikut ini adalah 8 pintu rezeki yang tidak pernah kita duga-duga:

 

1. Bersedekah

Merupakan amalan yang apabila kita laksanakan mendapatkan pahala dan tidak hanya itu harta kita akan berlipat ganda dikembalikan oleh Allah subhanahu wa ta'ala hal tersebut sesuai dengan bunyi ayat Alquran sebagai berikut:

مَنْ ذَا الَّذِيْ يُقْرِضُ اللّٰهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضٰعِفَهٗ لَهٗٓ اَضْعَافًا كَثِيْرَةً ۗوَاللّٰهُ يَقْبِضُ وَيَبْصُۣطُۖ وَاِلَيْهِ تُرْجَعُوْنَ

Artinya: Siapakah yang mau memberi pinjaman yang baik kepada Allah? Dia akan melipatgandakan (pembayaran atas pinjaman itu) baginya berkali-kali lipat. Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki). Kepada-Nyalah kamu dikembalikan. (QS Al Baqarah: 245)

 

2. Jaminan dari Allah SWT

Setiap makhluk di bumi telah mendapatkan jaminan rezeki oleh Allah subhanahu wa ta'ala jadi kita sebagai makhlukNya tak sepatutnya berkhawatir terlalu berlebihan, sebab Allah telah menjanjikan rezeki kita atas usaha yang kita lakukan.

۞ وَمَا مِنْ دَاۤبَّةٍ فِى الْاَرْضِ اِلَّا عَلَى اللّٰهِ رِزْقُهَا وَيَعْلَمُ مُسْتَقَرَّهَا وَمُسْتَوْدَعَهَا ۗ كُلٌّ فِيْ كِتٰبٍ مُّبِيْنٍ

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: