Selain Pengobatan, BPJS Kesehatan Juga Menanggung Biaya Layanan KB

Selain Pengobatan, BPJS Kesehatan Juga Menanggung Biaya Layanan KB

Selain Pengobatan, BPJS Kesehatan Juga Menanggung Biaya Layanan KB--

RADARUTARA.ID- Berikut adalah daftar layanan Keluarga Berencana (KB) yang dipegang boleh BPJS Kesehatan, sebuah program pemerintah yang bertujuan untuk mengurus kesejahteraan masyarakat. Salah satu layanan yang diberikan oleh BPJS Kesehatan adalah pelayanan KB secara gratis.

Tujuan dari program KB adalah untuk menjaga keseimbangan antara kebutuhan dan jumlah populasi. Salah satu metode yang digunakan untuk mencapainya adalah dengan merencanakan jumlah anak dengan cermat.

BPJS Kesehatan ikut serta dalam mendukung program ini dengan memberikan layanan KB. Berdasarkan ketentuan dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2023 tentang Tarif Standar untuk Pelayanan Kesehatan dalam Program Jaminan Kesehatan, berikut adalah daftar layanan KB yang disediakan oleh BPJS.

BACA JUGA:Kabar Baik untuk Lulusan Apoteker, Kini Bisa Praktik di Anak Usaha BUMN

BACA JUGA:Bukan Hanya S1, Ini Formasi dan Syarat CPNS 2023 untuk Lulusan SMA

Salah satu layanan adalah pemasangan alat kontrasepsi dan konsultasi. BPJS menyediakan layanan ini dengan biaya sebesar Rp 105 ribu. BPJS juga menanggung biaya pemasangan KB spiral atau alat kontrasepsi dalam rahim lainnya seperti IUD.

Suntik KB juga termasuk dalam layanan ini, dimana biaya pelayanan ini adalah Rp 20 ribu. BPJS juga memberikan layanan tubektomi dan vasektomi, dimana tubektomi dilakukan pada wanita untuk mencegah kehamilan dan vasektomi dilakukan pada pria dengan tujuan yang sama.

Layanan KB implan juga termasuk dalam cakupan layanan BPJS. Layanan ini mencakup pemasangan dan pengangkatan implan dengan biaya sekitar Rp 105 ribu.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: