Sebelum Mengajukan Pinjaman ke Bank, Kamu Harus Perhatikan Hal Ini

Sebelum Mengajukan Pinjaman ke Bank, Kamu Harus Perhatikan Hal Ini

Cara Ambil Pinjaman Uang di Bank yang Harus Diperhatikan--

RADARUTARA.ID- Ketika kita sedang mengalami kesulitan dalam hal keuangan, maka kita bisa mencari alternatif untuk meminjam baik kepada tetangga keluarga ataupun bahkan.

Namun ada sebuah lembaga yang lebih aman untuk meminjam uang yaitu bank, sebuah lembaga keuangan yang bisa digunakan untuk menyimpan uang dan juga bisa digunakan untuk meminjam uang.

Biasanya pinjaman bank digunakan oleh seseorang yang membutuhkan dana yang besar, seperti untuk membangun usaha, membangun rumah dan kebutuhan lainnya.

Akan tetapi mengajukan pinjaman di Bank tidak semudah yang dibayangkan, sebab pihak bank tidak bisa memberikan pinjaman kepada sembarangan orang saja. Nasabah haruslah memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh pihak bank sebelum dapat melakukan peminjaman.

Syarat-syarat tersebut merupakan salah satu pertimbangan pihak bank untuk menyetujui dan memberikan pinjaman kepada nasabah. Nah pada berikut ini kita akan membahas Bagaimana cara untuk meminjam uang melalui bank.

BACA JUGA:Memiliki Harta 181 T, Ini Pengusaha Muslim Terkaya di Bumi, Duitnya Tak Terbatas

Sebelum meminjam uang di bank kita terlebih dahulu harus memastikan jumlah pinjaman sebelum diajukan, pastikan jumlah tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan kita dalam membayarnya nanti. Sebab pihak bank tidak akan mengambil resiko untuk memberikan pinjaman kepada orang yang dinilai tidak mampu membayar pinjaman tersebut. 

Sebelum mengajukan pinjaman ke pihak bank setidaknya kita tidak memiliki catatan peminjaman atau hutang lainnya, sebab jikalau hal itu terjadi maka pihak bank akan mempertimbangkan berkali-kali tentang ajuan pinjaman kita, Namun apabila catatan kredit kita bersih maka pihak bank akan mengabulkan pinjaman tersebut.

Selain faktor di atas nasabah juga harus memastikan skor kredit mereka, melalui laman SLIK OJK, nah apabila skor kredit yang dimiliki oleh nasabah buruk karena sering menunggak dan telat membayar, maka pihak bank tidak akan memberikan pinjaman.

Cari tahu terlebih dahulu Apa saja persyaratan yang dibutuhkan untuk meminjam uang di bank, sebab setiap bank memiliki persyaratan dan ketentuannya masing-masing. 

BACA JUGA:Mirip Thionghoa, Ternyata Ini Rahasia Sukses dan Kaya Raya Orang Minang

Namun secara umum syarat-syarat yang dibutuhkan dalam mengajukan pinjaman pada pihak bank diantaranya seperti fotocopy KTP, fotokopi KK, fotocopy slip gaji, fotocopy NPWP, fotocopy buku tabungan, serta dokumen kepemilikan anggunan apabila nasabah mengambil pinjaman anggunan.

Sebelum meminjam Kita juga harus mengetahui jenis-jenis pinjaman yang ada, serta sesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan kita dalam membayarnya nanti. Contohnya seperti pinjaman yang ber-ambunan dan pinjaman yang tanpa anggunan. Pinjaman yang ber-anggunan merupakan pinjaman yang mewajibkan nasabahnya untuk menyertakan anggunan atau jaminan dalam pinjaman tersebut.

Sementara itu pinjamannya tidak beranggunan merupakan pinjaman yang tidak mewajibkan nasabahnya untuk menyertakan anggunan atau jaminan. Kita juga perlu mencari tahu bunga pinjaman yang akan kita ajukan nantinya, bunga pinjaman merupakan balas jasa yang ditetapkan oleh pihak bank kepada peminjam atas pinjaman yang telah disetujui. Adapun setiap bank pastilah memiliki jumlah bunga yang berbeda-beda sesuai dengan perhitungannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: