Bupati Bengkulu Utara Panen Perdana, Program Bawang Merah di Arga Mulya Sukses

Bupati Bengkulu Utara Panen Perdana, Program Bawang Merah di Arga Mulya Sukses

Gafur/RU.ID- Bupati Bengkulu Utara didampingi Ketua PKK saat melakukan pemanenan bawang merah--

PADANG JAYA, RADARUTARA.ID- Program Unggulan Ketahanan Pangan tanam Bawang Merah di Kecamatan Padang Jaya dinilai berhasil, lantaran hari ini Bupati Bengkulu Utara, Ir H Mian secara langsung memanen Bawang Merah di Desa Arga Mulya, Senin (14/8/2023).

Didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Bengkulu Utara, Ny Hj Eko Kurnia Ningsih, Bupati Bengkulu Utara mengapresiasi Kecamatan Padang Jaya yang telah menyukseskan program ketahanan pangan dengan penanaman bawang merah.

Camat Padang Jaya, Maman Suherman SSTP yang ikut serta dalam panen perdana di Desa Arga Mulya mengatakan, Program ketahanan pangan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara di kecamatan Padang Jaya salah satunya di setiap desa Se-kecamatan Padang Jaya melakukan budidaya bawang merah.

BACA JUGA:Keluarga Besar ICSF Berduka, Diserang DBD Istri dan Mertua Ketua Chapter Mukomuko Meninggal Dunia

Yang mana, ditambahkan Camat kesusksesan program ini  merupakan kolaborasi yang baik antara Forkopimcam, penyuluh pertanian dan pemerintahan desa se kecamatan Padang jaya.

"Alhamdulillah, sesuai arahan Bupati Bengkulu Utara tentang ketahanan pangan dan salah satu upaya pencegahan inflasi. Melalui intervensi yang dialokasikan melalui Dana Desa (DD), hari ini bisa panen perdana budidaya bawang merah di Desa Arga Mulya," ungkap Maman, Camat Padang Jaya, Senin (14/8/2023).

Dikesempatan itu, Camat berharap program ini bisa berkelanjutan dan bisa memiliki nilai ekonomi masyarakat, serta bisa mensejahterakan masyarakat Kecamatan Padang Jaya 

"Edukasi akan terus dikembangkan, jangan sampai Dana Desa yang telah diploting oleh pemerintah tidak bermanfaat. Dengan program ini kita harapkan bisa meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat Kecamatan Padang Jaya," pintanya.

BACA JUGA:Listrik Padam, Sinyal Hilang, Telkomsel Diminta Optimalkan Peran Petugas Charge Baterai BTS di Napal Putih

Disisi lain, Kepala Desa Arga Mulya, Dendi Apriyadi, Program yang dicanangkan oleh pemerintah Bengkulu Utara membutuhkan tantangan besar baginya 

Lantaran, alokasi anggaran ini baru pertama dilakukan oleh masyarakatnya, kemudian kata dia, secara komoditas, masyarakatnya mayoritas berkebun. Tidak hanya itu saja, kondisi cuaca dijelaskan kades sebenarnya sangat tidak mendukung untuk perkembangan bawang merah.

"Awalnya ada penolakan dari masyarakat, inilah tantangan kita, setelah diberikan pemahaman dan kekompakan dari semua komponen, bersyukur Budaya Bawang Merah kita mendapat pengakuan dan apresiasi dari Bupati Bengkulu Utara dinilai berhasil,"ucapnya.

Pasca panen ini, lanjut kades, nantinya Pemerintah Desa Arga Mulya akan membagikan bibit bawang merah untuk dikembangkan di masing-masing dusun sebagai wujud membantu tingkatkan ekonomi masyarakatnya.

"Cukup ekonomis sekali, hanya jangka waktu 2 bulan bawang merah sudah bisa dipanen. Kedepannya akan kita kembangkan melalui bibit yang ada," demikian Kades.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: