Doa yang Diajarkan Rasulullah Agar Dijauhi dari Hinanya Kesengsaraan

Doa yang Diajarkan Rasulullah Agar Dijauhi dari Hinanya Kesengsaraan

Doa Yang Di Ajarkan Rasulullah Agar Dijauhi Dari Hinanya Kesengsaraan.--

RADARUTARA.ID - Doa merupakan suatu komunikasi yang dilakukan oleh hamba kepada Tuhannya, Doa kebanyakan dilakukan untuk meminta ataupun memohon perlindungan kepada Allah subhanahu wa ta'ala.

Salah satu hal yang menjadi penting adalah doa memohon agar dijauhkan dari masalah dan kesulitan hidup. Memohon dan berdoa kepada Allah merupakan amalan yang dianjurkan, hal tersebut diterangkan di dalam Alquran surah Al ghafir ayat 60.

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ 

Artinya: "Tuhanmu berfirman, "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu (apa yang kamu harapkan). Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri tidak mau beribadah kepada-Ku akan masuk (neraka) Jahanam dalam keadaan hina dina."

BACA JUGA:Gila, Motor Canggih Yamaha Ini Hanya Dijual Rp15 Jutaan

Menurut buku panduan lengkap doa untuk muslimah, karya fathuri azham mumtaza. Terdapat ajaran Rasulullah shallallahu alaihi wasallam kepada putrinya Fatimah seperti yang tercatat Di dalam sebuah riwayat Imam Tabrani. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam selalu membaca doa ini saat menghadapi kesulitan atau masalah dalam hidupnya.

يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيثُ، أَصْلِحْ لِي شَأْنِي كُلَّهُ، وَلَا تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْن.

Arab Latin: "Ya Hayyu Ya Qayyum, biraḥmatika astaghits, asliḥ lii sya'ni kullah, wa laa takilnii ilaa nafsii ṭarfata 'ain."

Artinya: "Wahai Zat yang Mahahidup. Wahai Zat yang terus-menerus mengurus makhluk-Nya, dengan rahmat-Mu aku meminta pertolongan. Perbaikilah seluruh urusanku dan janganlah Engkau serahkan kepadaku meski hanya sekejap mata."

BACA JUGA:Resmi, Ini Pengumuman Jadwal Seleksi CPNS/CASN dan CPPK Tahun 2023

Demikian pula ketika mendapatkan cobaan yang terus-menerus mendera terdapat juga doa dalam keadaan tersebut.

اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ وَإِلَيْكَ الْمُشْتَكَى، وَأَنْتَ الْمُسْتَعَانُ، وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيمِ.

Arab Latin: "Allahumma laka al-hamdu wa ilaika al-musytaka wa anta al-musta'aanu, wala haula wala quwwata illa billahi al-'aliyyi al-adziimi."

Artinya: "Ya Allah, hanya milik-Mu segala puji, hanya kepada-Mu Zat yang dimintai pertolongan. Dan Engkaulah yang bisa diminta pertolongan. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali Allah yang Mahatinggi dan Mahaagung."

Selain doa-doa tersebut terdapat pula beberapa doa lagi yang bisa diamalkan untuk memperlancar kehidupan sehari-hari yaitu diantaranya.

1. Doa Memohon Perlindungan dari Orang Jahat

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

Arab Latin: "Allahumma inni a-'udzu bika an adhilla aw udholla, aw azilla aw uzalla, aw azhlima aw uzhlama, aw ajhala aw yujhala 'alayya."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: