Berikan Pelatihan Produktivitas, Disnakertrans Bengkulu Utara Dorong Puluhan UMKM di Desa Naik Kelas

Berikan Pelatihan Produktivitas, Disnakertrans Bengkulu Utara Dorong Puluhan UMKM di Desa Naik Kelas

Pelaku UMKM di Desa Suka Makmur saat menerima bantuan etalase usaha dan mengikuti pelatihan usaha dari Disnakertrans BU--

MARGA SAKTI SEBELAT, RADARUTARA.ID- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bengkulu Utara berusaha hadir untuk melakukan pendampingan dan pelatihan peningkatan produktivitas kepada pelaku UMKM di tingkat desa.

Tujuannya, untuk mendorong para pelaku UMKM di Kabupaten Bengkulu Utara dapat naik kelas dan bersaing dengan pelaku UMKM pada umumnya. Dengan demikian, kegiatan ini juga akan berdampak terhadap peningkatan penyerapan tenaga kerja lokal di tingkat desa.

Upaya untuk mendorong UMKM naik kelas, ini gencar dilakukan. Teranyar, Disnakertrans Bengkulu Utara telah menyalurkan puluhan fasilitas peningkatan produktifitas berupa etalase atau lemari untuk usaha serta peralatan memasak kepada pelaku UMKM di Desa Suka Makmur, Kecamatan Marga Sakti Sebelat (MSS) dan Desa Bukit Makmur, Kecamatan Pinang Raya.

Selanjutnya, rangkaian penyerahan alat bantu usaha kepada para pelaku UMKM di tingkat desa ini juga sempat di isi dengan pelatihan berdasarkan unit kompetensi program pelatihan kerja dan produktivitas tenaga kerja.

BACA JUGA:Skincare Viral Ini Resmi Dinyatakan Ilegal Oleh BPOM, Pejuang Glowing Waspada Kanker Kulit

BACA JUGA:Jangan Sampai Salah, Niat Cantik Malah Jadi Tambah Burik, Berikut Tips Memilih Kosmetik agar Aman dan Sehat

Kadis Nakertrans Bengkulu Utara, Sutrino, M.Pd, mengatakan, pelatihan ini digelar untuk mendorong para pelaku UMKM, agar mampu berkembang dan menjadi garda terdepan dalam mensuplay kebutuhan pasar di tingkat lokal.

“Mulai dari skill, budaya kerjanya, managemen usahanya dan kualitas produknya kita tingkatkan,” ujar Sutrino.

Penguatan manajemen dan skill usaha menjadi salah satu bagian dari materi pelatihan yang diselenggarakan ini, karena menurut Sutrino, hal tersebut sangat penting bagi para pelaku UMKM.

"Melalui pelatihan dan pemberian bantuan peralatan, ini. Kita harapkan para pelaku UMKM lokal kita di desa bisa memiliki skill, managemen dan produk yang bagus. Sehingga kegiatan usaha mereka di desa ini benar-benar bisa hidup," pungkasnya. 

BACA JUGA:Banyak Digunakan Oleh Masyarakat, Siapa yang Tahu Jika Ternyata Obat Tradisional Juga Berbahaya Bagi Kesehatan

Terpisah, Kades Suka Makmur, Mitra Sadewa, berharap, melalui dorongan kegiatan-kegiatan seperti ini. Pelaku UMKM di desanya bisa naik kelas. Baik dari sisi kualitas produk, branding dan managemen usahanya.

"Jika semua, itu tercapai. Otomatis pendapatan UMKM kita akan naik dan peluang tenaga kerja kita di desa juga akan meningkat. Sehingga kami sangat berterimakasih kepada jajaran Pemkab BU khususnya Disnakertrans BU yang sudah memberikan perhatian khusus terhadap pelaku UMKM di desanya," demikian Kades.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: