Lantaran Pemadaman Listrik Menahun, Dua Puskesmas Minta Tambahan Fasilitas Penerangan

Lantaran Pemadaman Listrik Menahun, Dua Puskesmas Minta Tambahan Fasilitas Penerangan

Pemadaman Listrik Lumpuhkan Pelayanan Kesehatan, Dua Puskesmas Usulkan Fasilitas Penerangan Tambahan--

ULOK KUPAI , RADARUTARA.ID- Dampak pemadaman listrik yang kerap terjadi di wilayah Kecamatan Ulok Kupai dan Kecamatan Napal Putih tak hanya dikeluhkan oleh masyarakat.

Sejumlah instansi perkantoran yang menjadi pusat pelayanan publik, khususnya pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) turut merasa terganggu oleh pemadaman listrik yang kerap terjadi di wilayah Kecamatan Ulok Kupai dan Kecamatan Napal Putih ini.

Kepala Puskesmas Tanjung Harapan, Harmen, S.KM, mengakui. Pemadaman listrik yang terjadi di wilayah kerjanya, ini hampir setiap hari bahkan setiap jam. Menurut Harmen, kondisi, ini sangat berdampak terhadap pelayanan kesehatan yang berlangsung di Puskesmas setiap harinya.

"Kalau sudah padam semuanya menjadi lumpuh. Sinyal telekomunikasi hilang, sistem kita untuk melayani keperluan masyarakat atau pasien yang membutuhkan alat bantu tak bisa di operasikan," ungkap Harmen.

BACA JUGA:Tradisi Nyeleneh Suku Drokpa, Bertukar Pasangan Agar Dijauhkan dari Roh Jahat, Boleh Ciuman di Tempat Umum

BACA JUGA:Kabar Gembira, BPNT Bulan Juli 2023 Segera Cair Lagi, Cek Jadwalnya di Sini

Untuk menyikapi situasi, ini pun Harmen, mengaku sudah berkoordinasi dengan dinas terkait untuk mengusulkan sejumlah fasilitas penerangan tambahan yang dapat mendukung pelayanan di Puskesmas agar tetap beroperasi meskipun kondisi listrik PLN sedang padam.

"Di awal dulu kita sudah usulkan pengadaan Genset. Tapi karena ada miss komunikasi, maka Genset yang kita terima kapasitasnya bukan seperti yang kita harapkan di awal. Terbaru, kami sudah berkoordinasi lagi dengan pihak Bapelitbangda Bengkulu Utara untuk mengusulkan fasilitas penerangan tambahan yang bisa menghasilkan tenaga listrik berupa panel tenaga surya. Mudah-mudahan di APBD Perubahan atau APBD murni mendatang usulan ini bisa diakomodir. Mengingat pengadaan fasilitas yang kita usulkan ini bersifat mendesak," pintanya.

Terpisah Kepala Puskesmas Napal Putih, Junianto, S.ST, turut mengungkapkan hal yang sama. Bahwa dampak pemadaman listrik oleh PLN kepada wilayah Kecamatan Napal Putih sangat berpengaruh kepada pelayanan kesehatan di Puskesmas.

"Status Puskesmas kita rawat inap. Maka ketika pemadaman listrik terjadi, bukan hanya pelayanan yang bersifat administratif saja yang terganggu. Tetapi pelayanan Puskesmas terhadap pasien yang kita rawat juga ikut terganggu. Sehingga kami juga sempat mengusulkan pengadaan fasilitas penerangan tambahan ke dinas terkait berupa Genset dengan kapasitas besar. Mudah-mudahan usulan yang sudah kita sampaikan ini nantinya dapat diakomodir," harapnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: