Pemilu Semakin Dekat, Sayangnya 5.000 Pemilih Pemula di Bengkulu Utara Belum ber-KTP, Ini Penjelasan Dukcapil

Pemilu Semakin Dekat, Sayangnya 5.000 Pemilih Pemula di Bengkulu Utara Belum ber-KTP, Ini Penjelasan Dukcapil

Bupati BU serahkan fisik KTP hasil cetakan Dukcapil BU untuk pemilih Pemula di Desa Tanjung Harapan, Ulok Kupai--

ULOK KUPAI, RADARUTARA.ID- Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Bengkulu Utara, Suwanto, mengungkapkan. Bahwa dari hasil koordinasi yang sempat dilakukannya dengan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkulu Utara.

Ditemukan ada sekitar 5.000 penduduk berstatus pemilih pemula dan masyarakat dewasa yang memiliki hak pilih pada Pemilu Tahun 2024 mendatang, namun belum memiliki fisik e-KTP.

Sementara, ini kata Suwanto, 5.000 data pemilih pemula dan penduduk yang belum memiliki fisik e-KTP, ini sedang diusahakan oleh Dukcapil Bengkulu Utara untuk segera mendapatkan dan memiliki fisik e-KTP sesuai identitas kependudukannya.

BACA JUGA:Safari Idul Adha di Tanjung Harapan, Bupati Mian Tekankan Pentingnya Jaga Kerukunan Memasuki Tahun Politik

BACA JUGA:Ada Mimpi Melahirkan, 9 Mimpi Ini Menjadi Tanda Kalau Sukses Besar Sedang Mendekatimu

Sehingga pada pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 mendatang, Suwanto, memastikan 5.000 penduduk Bengkulu Utara yang belum memiliki fisik e-KTP sebagai syarat untuk menyalurkan hak pilihnya tersebut, dapat mengikuti atau menyalurkan hak pilihnya.

"Ada 5.000 data penduduk kita yang sebenarnya sudah bisa menyalurkan hak pilihnya di Pemilu 2024 nanti, tapi belum punya fisik KTP. Total seluruh data yang ada itu terdiri dari pemilih pemilih pemula dan penduduk umumnya. Tapi kita pastikan 5.000 penduduk kita yang belum punya KTP, ini segera mendapatkan KTP-nya. Dan sekarang sedang kita usahakan proses pencetakan fisik KTP-nya melalui pelayanan mobile atau kolektif yang sedang gencar kita laksanakan di setiap kecamatan di Kabupaten Bengkulu Utara," ungkap Suwarto.

Diakui Suwarto, sampai hari, ini pelayanan mobile yang dilakukan oleh Dukcapil Bengkulu Utara untuk mempercepat proses pembuatan fisik KTP bagi 5.000 penduduk di Kabupaten Bengkulu Utara yang belum memiliki fisik KTP, itu sudah berjalan di 12 kecamatan dari total 19 kecamatan di Bengkulu Utara.

"Ada 7 kecamatan lagi sisanya yang akan segera kita tuntaskan. Seluruh KTP yang sudah tercetak akan kita serahkan langsung ke masing-masing desa. Untuk Kecamatan Ulok Kupai dan Napal Putih sudah kita datangi dan layani. Konkretnya KTP yang sudah kita cetak untuk masyarakat di Kecamatan Ulok Kupai dan Kecamatan Napal Putih hari, ini telah diserahkan langsung oleh Bupati kepada masing-masing desa yang bersangkutan," demikian Suwanto.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: