Kabar Baik, Ditjen Perkebunan Siapkan Beasiswa untuk Lulusan SMA/SMK, Kuliah Gratis dan Langsung Kerja

Kabar Baik, Ditjen Perkebunan Siapkan Beasiswa untuk Lulusan SMA/SMK, Kuliah Gratis dan Langsung Kerja

//Kabar Baik, Ditjen Perkebunan Siapkan Beasiswa untuk Kamu yang Lulusan SMA/SMK, Kuliah Gratis dan Langsung Kerja--

PINANG RAYA, RADARUTARA.ID- Kabar baik bagi kalian para pelajar yang baru saja lulus dari SMA atau SMK. Di tahun 2023, ini Direktoral Jenderal (Ditjen) Perkebunan, Kementerian Pertanian (Kementan) RI berkolaborasi dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) akan memberi beasiswa gratis kepada para pelajar alumni SMA/SMK yang berminat.

Sesuai data dan informasi yang berhasil dihimpun oleh radarutara.id. Program beasiswa yang akan diluncurkan oleh Ditjen Perkebunan bersama BPDPKS, ini fokus kepada program pendidikan gratis yang ditujukan untuk pembangunan sumber daya manusia (SDM).

"Sehubungan dengan berjalannya kegiatan pembangunan SDM perkebunan kelapa sawit (PKS) Tahun 2023. Maka Ditjen Perkebunan bersama BPDPKS akan memberikan beasiswa SDM PKS untuk pelajar tamatan SMA dan SMK," ujar Kepsek SMAN 15 BU, Agus Wagito, M.Pd.

Menurut Agus, alur program beasiswa SDM PKS ini terbuka untuk semua pelajar tamatan SMA/SMK yang berminat. Secara tekhnis, kata Agus, program beasiswa ini akan direalisasikan oleh pihak terkait dengan memberikan kesempatan kuliah secara gratis kepada pelajar tamatan SMA dan SMK yang beruntung. Jenjang kuliah yang dibuka pun, terdiri dari D1-S1.

BACA JUGA:Link Dana Kaget Hari Ini, Hasilkan Saldo Dana Gratis Hingga Rp.100 Ribu Per Hari, Segera Download!

BACA JUGA:Aliran Krismuha Muncul Dari Daerah Ini, Apakah Mungkin Juga Ada di Daerahmu?

Selanjutnya, bagi peserta penerima beasiswa yang nantinya sudah berhasil menuntaskan pendidikannya di bangku kuliah. Maka akan langsung mendapatkan peluang untuk bekerja di sejumlah perusahaan kelapa sawit berdasarkan rekomendasi yang nantinya dikeluarkan oleh Kementerian Pertanian RI.

"Jadi, pelajar yang mendapatkan beasiswa ini nanti akan difasilitasi untuk kuliah di bidang perkebunan yang dibiayai oleh pihak BPDPKS. Setelah lulus kuliah, mereka akan mendapat rekomendasi dari pihak terkait untuk bekerja di beberapa perusahaan perusahaan kelapa sawit," ungkapnya.

Secara rinci bagai mana para pelajar dapat mengikuti program beasiswa, ini menurut Agus, hal tersebut akan dijelaskan secara detail dalam agenda sosialisasi beasiswa SDM PKS yang akan dilaksanakan di sekolahnya pada hari Rabu, lusa.

Dalam sosialisasi itu nantinya kata Agus, seluruh Kades, Kepsek SMA/SMK di wilayah Ketrina termasuk Giri Mulya dan Batiknau akan dilibatkan. Selanjutnya, seluruh syarat dan ketentuan yang akan menjadi pedoman bagi pelajar untuk mengikuti beasiswa ini akan dijelaskan secara detail.

"Yang jelas akan ada seleksi nantinya dari seluruh calon peserta yang berminat. Untuk syarat dan ketentuannya baru akan di sosialisasikan di sekolah kita (SMAN 15 BU) pada hari Rabu, lusa. Setelah sosialisasi, ini nantinya digelar. Maka seluruh informasi mengenai tekhnis untuk mendapatkan beasiswa tersebut akan kita sampaikan secara detail," demikian Agus.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: