Pemdes Bukit Tinggi Salurkan BLT-DD dan Realisasikan Mesin Cultivator untuk Program Ketahanan Pangan TA 2023

Pemdes Bukit Tinggi Salurkan BLT-DD dan Realisasikan Mesin Cultivator untuk Program Ketahanan Pangan TA 2023

Pemdes Bukit Tinggi Salurkan BLT-DD dan Realisasikan Mesin Cultivator untuk Program Ketahanan Pangan TA 2023--

KETAHUN, RADARUTARA.ID- Total 24 Keluarga Penerima Manfaat Dana Desa (BLT-DD) di Desa Bukit Tinggi, Kecamatan Ketahun telah menerima penyaluran program BLT-DD TA 2023 senilai Rp 900 ribu/KPM untuk jatah tiga bulan sekaligus yakni Januari, Februari dan Maret.

Selain melaksanakan penyaluran program BLT-DD. Pemdes Bukit Tinggi, juga telah merealisasikan pengadaan mesin Cultivator yang ditujukan dalam rangka mendukung program ketahanan pangan masyarakat di desa.

"Pada realisasi DD tahap I TA 2023, ini kita awali dengan penyaluran program BLT-DD untuk jatah 3 bulan sekaligus dan penyerahan mesin Cultivator dari desa untuk mendukung program ketahanan pangan masyarakat," ungkap Kades Bukit Tinggi, Slamet.


Program ketahanan pangan di Desa Bukit Tinggi--

Dikatakan Slamet, total ada 4 unit mesin Cultivator yang telah difasilitasi oleh desa untuk mendukung program ketahanan pangan di TA 2023 ini.

Secara teknis, kata Slamet, mesin Cultivator yang telah dibeli oleh desa ini akan diserahkan dan dikelola oleh masing-masing dusun yang ada di desa.

"Dengan mesin Cultivator, ini nanti masyarakat tidak perlu lagi mencangkul untuk mengolah lahan pekarangannya menjadi areal bercocok tanam. Pada prinsipnya, mesin Cultivator yang kita siapkan kepada setiap dusun ini bertujuan untuk mempermudah aktivitas masyarakat untuk mengolah lahan kering yang ada di setiap tempat tinggalnya dan mempermudah masyarakat dalam mempersiapkan lahan sayuran," beber Kades.


Pembagian BLT DD di Desa Bukit Tinggi--

Selain memfasilitasi pengadaan mesin Cultivator, lanjut Slamet, pada program ketahanan pangan yang didukung penuh oleh anggaran DD TA 2023 ini. Desa juga akan memfasilitasi pengadaan bibit sayuran atau tanaman palawija yang bisa dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

"Pengadaan mesin Cultivator ini akan kita kolaborasikan dengan keberadaan kebun PKK desa. Kita berikan bantuan bibit sayuran dan berbagai tanaman palawija untuk ditanam pada areal kebun PKK desa. Selanjutnya hasil produksi dari tanaman-tanaman yang ada di kebun PKK desa, ini akan kita berikan kepada masyarakat untuk mencukupi kebutuhan pangan setiap keluarga dan untuk memenuhi kebutuhan bibit tanaman di kemudian harinya," pungkasnya.


Pembagian BLT DD di Desa Bukit Tinggi--

Lebih jauh Kades, menambahkan, selain fokus kepada sektor nabati. Sektor hewani juga menjadi bagian dari target pemerintah desa dalam mencukupi kebutuhan pangan masyarakat. Di sektor hewani sendiri masih Kades, desa telah membeli 5 ekor sapi untuk masyarakat yang nantinya akan dikelola secara kolaborasi dengan BUMDes.

"Secara managerial dan pengelolan, sapi yang kita beli untuk masyarakat ini akan dikelola melalui BUMDes. Dengan target pengemukkan. Dimana hasil dari penggemukkan sapi yang dikelola masyarakat melalui peran BUMDes, ini nantinya dapat memiliki nilai jual tinggi dan bisa menambah jumlah ternak sapi yang ada saat ini," demikian Kades.(Adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: